Cek NPWP Online Pribadi dan Perusahaan 2019

Cek NPWP Online Pribadi dan Perusahaan

Nomor NPWP merupakan hal yang sangat rahasia yang berisi data tentang diri Anda. NPWP Anda hanya boleh diketahui oleh orang-orang yang berkepentingan yang terkait langsung dengan Anda. NPWP hanya boleh diketahui oleh Anda pribadi, rekanan Anda dalam usaha, bendahara kantor, serta petugas pajak.

Dikarenakan sifat dari NPWP itu sendiri adalah rahasia, maka Direktorat Jenderal Pajak tidak memberikan akses kepada siapapun untuk mengecek NPWP secara online, karena bisa saja orang yang tidak memiliki kepentingan mengakses data diri Anda melalui NPWP. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda coba untuk mengetahui informasi NPWP Anda.


Cara Cek Nomor NPWP

Selain tidak dapat mengecek NPWP secara Online, Anda pun tidak dapat mengecek NPWP melalui sambungan telepon ke kantor pajak dikarenakan alasan kerahasiaan. Cara cek nomor NPWP adalah dengan datang langsung ke kantor pajak.

Jika Anda ingin mengecek NPWP Pribadi, maka Anda harus membawa KTP Asli. Dan untuk NPWP Badan, Anda harus membawa Akta Perusahaan/Instansi serta surat kuasa kepada diri Anda jika Anda bukan direktur perusahaan, sehingga petugas pajak dapat melakukan validasi dan memberikan informasi NPWP Anda.

Dan untuk mengecek NPWP tidak membutuhkan waktu lama, jika petugas pajak sudah melakukan validasi data, maka selanjutnya Anda dapat melakukan cek NPWP serta hal-hal lain terkait kewajiban perpajakan.



Cek Keaktifan NPWP Melalui DJP Online

Walaupun Anda tidak bisa mengecek NPWP Anda melalui internet maupun sambungan melalui telepon ke kantor pajak, namun Anda masih bisa melalukan cek NPWP untuk melihat status atas kartu NPWP yang Anda miliki. Caranya adalah dengan melakukan log in ke layanan DJP Online. Cara ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah terdaftar ke layanan DJP Online.

DJP Online sendiri berfungsi untuk melakukan pembayaran pajak secara online dan pelaporan pajak secara online. Anda bisa memanfaatkan layanan DJP Online untuk mengecek status NPWP Anda dengan mencoba membuat laporan pajak.

Jika Anda bisa melakukan pelaporan pajak maka NPWP Anda jelas masih aktif dan dapat digunakan. Sementara jika muncul pemberitahuan bahwa NPWP Anda Non Efektif, maka NPWP tersebut tidak dapat digunakan.

Untuk kembali mengaktifkan NPWP, Anda harus mengajukan permohonan langsung ke kantor pajak. Yang perlu Anda tahu adalah NPWP berlaku seumur hidup, yang artinya bahwa jika Anda sudah memiliki NPWP maka NPWP tersebut dapat Anda gunakan selama Anda masih menggunkannnya.


Cek Validasi Nomor NPWP

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, untuk mengecek nomor NPWP harus datang langsung ke kantor pajak. Namun jika hanya untuk mengecek validitas NPWP, Anda tidak perlu datang ke kantor pajak. Untuk melakukan validasi NPWP secara online silahkan ke halaman ini Validasi NPWP Online.

Validitas NPWP adalah mengecek apakah nomor NPWP yang Anda miliki sudah benar. Ada kalanya nomor NPWP yang tercetak di kartu NPWP terhapus atau kurang jelas, nah untuk sekedar memastikan apakah nomor NPWP Anda benar, Anda bisa melakukan validasi NPWP Anda. Untuk melakukan validasi NPWP secara offline Anda bisa download aplikasinya di sini Download Validasi NPWP Offline.

Cara Mengecek NPWP Asli atau Palsu

Ada sebuah cara mengecek npwp asli atau palsu yang dapat Anda gunakan untuk mengecek apakah NPWP Anda sudah sesuai dengan nama Anda. Cara ini hanya bisa untuk cek nama pemilik nomor NPWP tersebut. Cara mengecek npwp asli atau palsu cukup dengan masuk ke menu eBilling Pajak di alamat berikut: https://sse3.pajak.go.id/registrasi

Halaman tersebut merupakan halaman untuk registrasi eBilling Pajak. Pada halaman tersebut Anda cukup masukkan nomor NPWP yang ingin Anda cek, dan otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan nama pemilik NPWP. Contohnya seperti berikut:
Trik Cek Nama Pemilik NPWP

NPWP Hilang ?

Jika kartu NPWP Anda hilang maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan cetak ulang kartu NPWP. Artikelnya bisa Anda baca di sini Cetak Ulang NPWP Hilang. Ada kalanya saat Anda bekerja di pabrik, kantor, atau perusahaan, biasanya bagian HRD (kepegawaian) akan mendaftafkan NPWP atas nama Anda.

Namun kasus yang sering terjadi adalah kartu NPWP tidak Anda terima, sehingga Anda sendiri tidak merasa memiliki kartu NPWP tersebut. Untuk mengecek hal seperti ini, Anda bisa langsung datang ke kantor pajak terdekat di daerah Anda, kemudian datang lah ke bagian TPT kantor pajak, tunjukkan kartu e-KTP Anda untuk melakukan cek NPWP.

Jika ternyata Anda sudah terdaftar, Anda dapat langsung mengajukan cetak ulang kartu NPWP saat itu juga. Cukup isi formulir permohonan dan fotokopi e-KTP maka kartu NPWP bisa dicetakkan untuk Anda. Dan layanan cetak ulang NPWP ini adalah gratis.

Belum Punya NPWP

Bagi Anda yang belum memiliki kartu NPWP, Anda bisa melakukan pendaftaran NPWP baik secara manual maupun secara online, berikut artikel yang Anda perlukan untuk mendapat kartu NPWP
Apa Itu NPWP Pribadi
Fungsi Kartu NPWP Pribadi
Contoh Kartu NPWP Pribadi

Syarat Membuat NPWP Pribadi
Formulir Pendaftaran NPWP Pribadi
Cara Mengisi Formulir NPWP Pribadi

Cara Membuat NPWP
Cara Membuat NPWP Online


UPDATE

Cek Tagihan NPWP Pribadi

Di kolom komentar, saya mendapat banyak pertanyaan terkait dengan cara cek tagihan NPWP Pribadi. Daripada saya ulang-ulang jawaban yang sama, lebih baik saya tambahkan poin jawaban tagihan NPWP di sini.

Saya paham betul, banyak diantara kita masih awam sekali soal pajak. NPWP hanyalah sebuah kartu yang berfungsi untuk mencatat seluruh pembayaran pajak Anda. Soal tagihan NPWP, yang perlu Anda pahami adalah tidak ada istilah tagihan NPWP dalam kamus perpajakan.

Yang Anda bayarkan ke kantor pajak adalah pajak atas penghasilan Anda, bukan tagihan atas kartu NPWP yang Anda miliki. Dan terkait dengan pajak atas penghasilan, perlakukan pembayaran pajak untuk pegawai dan pemilik usaha tidak lah sama.

Untuk Anda yang bekerja sebagai pegawai atau karyawan, maka pajak atas penghasilan Anda otomatis dipotong oleh bendahara tempat Anda bekerja, sehingga Anda tidak perlu lagi membayar pajak atas penghasilan Anda. Kewajiban Anda tinggal melaporkan pajak melalui SPT Tahunan yang dilakukan setahun sekali dan ini gratis.

Sementara Anda yang bekerja sebagai freelance atau pemilik usaha, pajak atas penghasilan Anda adalah 1% dari omset Anda. Kantor pajak tidak memberikan tagihan pajak maupun tagihan NPWP. Karena Anda sendiri lah yang menghitung berapa pajak yang ingin Anda bayarkan. Sebagai contoh, Anda punya warung sembako dengan omset 1 bulan sebesar 10 juta. Maka pajak Anda dalam 1 bulan adalah 1% X Rp 10 juta = Rp 100.000.

Untuk pajak penghasilan freelance atau pemilik usaha dibayar setiap bulan maksimal tanggal 15 di bulan berikutnya. Misalkan untuk pajak penghasilan bulan Oktober 2017, maksimal dibayarkan tanggal 15 Nopember 2017. Dan untuk lapor pajaknya, sama seperti pegawai atau karyawan, dilakukan satu tahun satu kali melalui SPT Tahunan.

Kira-kira seperti itulah penjelasan saya terkait cara cek tagihan NPWP Pribadi, semoga bermanfaat. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini silahkan share ke media sosial agar lebih banyak yang tahu, saya sangat berterima kasih jika Anda melakukannya. #SadarPAjak
Masih ada pertanyaan seputar NPWP atau EFIN? Kami ada rangkuman pertayaan yang disampaiakan melalui twitter Direktorat Jenderal Pajak di sini NPWP Bermasalah? Atau EFIN Hilang? Ini Jawaban Dari Kantor Pajak

269 Komentar untuk "Cek NPWP Online Pribadi dan Perusahaan 2019"

  1. Maaf mau tanya nih.. dulu saya pernah punya npwp..semenjak udah gak kerja di pt lagi npwp itu hilang..tp saya masih punya fc nya.. saya dulu daftarnya pake ktp alamat wonogiri.. skrg e-ktp saya udah alamat bekasi..gmn ya biar saya punya npwp lagi

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Sangat bermanfaat. Sebagian sy copas.

    BalasHapus
  3. Maaf min mao tanya,sya sudah buat npwp secara online dan sudah dapat balasan nya tapi lom sampe juga yak...

    BalasHapus
  4. selamat pagi, saya mau tanya kalo cek no npwp gimana ya???

    BalasHapus
  5. saya daftar NPWP buat kerja di pt. tapi sudah lama keluar dari pt dan saya tidak pernah lapor ke kantor NPWP. apaka saya masih di kenakan pajak?

    BalasHapus
  6. Saya sudah daftar npwp lewat online. Dan sudah validasi serta sudah mendapat email kalo sudah terdaftar...
    Tp kenapa saya tidak dikasih no npwp lewat email... Padahal saya mau mengecek dan bayar pajak kalo tidak tau no nya bgaimana saya mau wajib pajak....

    BalasHapus
  7. Mau tanya saya kmren bikin online tp belum sampe kartu npwp nya... Gmna ya?

    BalasHapus
  8. Siang, mau tanya saya udah mengajukan npwp online, dan udah terkirim. Itu cara pengecekan nya gimana ya bp/ibu,,,?

    BalasHapus
  9. Kartu npwp saya hilang tolong dicekkan nomor npwp saya an Ekow Nyompa.

    BalasHapus
  10. Trus bagaimana cara kita melihat besarnya pajak yg kita kluarkan perbulan apabila kita menjadi karyawan. Karena di slip gaji sudah dituliskan berapa besar pajak yg dibayar dipotong dari gaji kita. Smentara kadang pemotongannya terlalu besar, itu yg membuat kita ragu apakah benar pajaknya segitu atau tidak. Makanya mau di cek berapa potongannya perbulan. Mohon konfirmasinya.

    BalasHapus
  11. Maaf pak kalau sudah tidaktbekerja lagi apa masih kena npwp.. Soalnya saya dapat teguran klw belum bayar pajak npwp.padahal saya sudah tidak kerja selams 5 thn. Dan baru dapat teguran harihini.

    BalasHapus
  12. Maaf saya mau tanya saya sudah daftar online & NPWP saya sdh terdaftar tpi sampai sekarang kartu NPWP nya belum di kirim ke rmh terus saya harus bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya dikirim langsung ke alamat rumah agan Via Pos. (saya kemarin 2 hari udah sampai)

      Hapus
  13. Siang, Saya Mau nanya... Saya Baru Daftar NPWP (sudah terima SKT dan Kartu NPWP). yang mau saya tanyakan, bagaimana cara mengetahui nominal pajak yang harus saya bayarkan?

    BalasHapus
  14. Saya Mao nanya sya kan sudah punya NPWP tpi sya tidak tau nomernya trs bgmn ya

    BalasHapus
  15. Mau tanya NPWP saya dulu terdaftar di daerah yang berbeda(provinsi lain) dan sekarang hilang dan ID nya saya juga lupa .
    Kalo saya mau bikin NPWP baru di tempat saya tinggal sekarang bisa kah.tetapi info kantor pajak Kita suruh tutup dulu yang lama karena masih aktif tapi dalam kondisi kartu hilang .mohon penjelasannya

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum maaf saya mau bertanya, saya sudah daftar NPWP secara online to blom ada blsan apakah NPWP saya d terima apa tidak kira2 balas dapat email itu berapa hari ya min

    BalasHapus
  17. Nik nie sudh terdaftar d Tangerang barat???? Padahal blm prnh buat..ap sy hrus k KPP Tangerang barat agar lebih jelas..mohon pencerahannya

    BalasHapus
  18. Maaf mau tanya, saya sudah mendaftar npwp online, sudah pada status pendaftarannya "KIRIM" tapi sampai skrg blum ada confirmasi di setujui atau di tolak, minta tolong donk...

    BalasHapus
  19. Mf,yg d maksud dengan SKT apa y?

    BalasHapus
  20. Mf sblm"y,mo numpang tanya? Bagaimana cara mngetahui tagihan/dendaan NPWP pribadi,krna sblm"y prnah d pke status pemborong...
    Skrng udh gk jd pmborong...

    BalasHapus
  21. YTH CS DIRJEN PAJAK :
    Mohon Informasi nya, apakah kartu NPWP untuk badan saat ini tidak mencantumkan kalimat PT. di depan nya, atau langsung disebutkan nama Perusahaan nya

    BalasHapus
  22. Mohon admin. Butuh dana di bank. 10jt. Tampa mpwp dana tidak bisa cair. Urus mpwp di kantor pajak. Penghasilan rata2 di atas 5jt/bln. Kredit motor 1.200/bln. Indihome 420/bln. Sewa tokoh 2,500/bln. Biaya hidup sebulan 2.500/bln. Di tambah pajak 250rb/bln. Ada solusi buat ubah tarif pajak mpwp sya admin

    BalasHapus
  23. Tolong admin minta solusi. Sya tdk mampu bayar pajak 250/bln

    BalasHapus
  24. kan itu privasi mana boleh pihak bank cek npwp sembarangan

    BalasHapus
  25. Bagaimana caranya mengaktifkan kembali NPWP lama? Terimakasih

    BalasHapus
  26. Mau tanya kalo NPWP karyawa, tapi udah 5 tahunan berhenti kira2 NPWP masih aktif gak.

    BalasHapus
  27. Efilling pajak menyatakan hanya menerima wajib pajak PKP, ketika lapor muncul pernyataan diatas, ada apa dengan npwp sya mohon infonya... Tks

    BalasHapus
  28. Saya mau tanya.saya sudahh bikin npwp secara onlie.dan di trima oleh pihak pajak sekaligus di kasihh no.npwp.apakah itu berarty sudah bisa di pergunakan atau belum dan adakah cara untuk pengecekan aktif atau tidak.mohon jawab.y terimaksih

    BalasHapus
  29. Sy dl sdh punya NPWP tp sdh tdk aktif , saat ini sy ingin aktifkan kembali ap hrs daftar baru ..sy jg sdh lupa no NPWP Yg dl .
    Mhn infony makasih

    BalasHapus
  30. bisa di bantu untuk cek daftar dpj
    Susa Dapat kode EFIN

    BalasHapus
  31. Npwp saya beda alamat dg alamat di ktp, cara nya bgmn biar alamatnya sama dgn alamat di ktp & syaratnya apa saja. Mksh

    BalasHapus
  32. Apakah npwp saya masih aktif .
    Bagaimana cara mengecek pembayaran'e

    BalasHapus
  33. saya sangat prihatin dengan layanan pajak ini. pelayanan nya tidak memuaskan. sudah 3 tahun ini kartu npwp saya belum bisa saya terima sampai saat ini, padahal sebelum nya saya sudah melaporkan ke kantor pajaknya untuk cetak ulang kartu npwp. di saat itu saya di persulitkan. saya di suruh cek ke kantor pos untuk menayain kartu tersebut. pas di kantor pos kata petugasnya kalau ada kartunya kami antarkan ke alamat yabg tertulis. ehh sampai saat ini masih belum ada kabar nya... 3 tahunku menunggu....

    BalasHapus
  34. mohon bantuannya. apakah data dalam NPWP dapat diganti? jika bisa bagaimana caranya? apakah bs dilakukan secara online? trimakasih

    BalasHapus
  35. Bagaimana langkah langkah bayar pajak dikantor pajak setelah dikirimi surat tagihan dari pihak kantor

    BalasHapus
  36. Bagaimana cara cek nomor npwp sudah nyampe kantor pos apa belom karna katanya di suruh nunggu.dan keburu di pake

    BalasHapus
  37. Mau tanya
    Saya bekerja di tangerang, tp ktp ssaya riau
    Bisa di buat di tangerang atau pembuatan nya bisa di wakilkan oleh keluarga di rumah. Karena saya butuh untuk persyaratan kerja
    Terima kasih

    BalasHapus
  38. mantap penjelasannya, mampir juga disini https://www.tempeurap.id/2019/01/lupa-akun-bpjs-begini-caranya-lupa-akun.html

    BalasHapus
  39. Boleh nanya kalo bayar pajak apa harus setiap bayar pajak. Sms kode billing nya atau tidak tidak harus ?

    BalasHapus
  40. Boleh nanya kalo bayar pajak apa harus setiap bayar pajak. Sms kode billing nya atau tidak tidak harus ?

    BalasHapus
  41. Pak, bagaimana mengurus npwp yang hilang

    BalasHapus
  42. Saya mau tanya....bagaiamana caranya mengecek npwp kita tahun lalu apakah sudah lapor spt tahunan apa belum. Karena saya lupa tahun kemaren sudah lalor atau tidak...soalnya saya sekarang mau bikin efin. Mohon jawabannya maa

    BalasHapus
  43. sy dh lapor spt pajak 2018 lwt online....kok lom ad balasan atau bukti yg di kirimkan kntor pajak ke email sy.
    apakah ad yg salah. mhn bantuannnya

    BalasHapus
  44. Kalo NPWP saya masih memakai alamat daerah dan sekarang KTP saya sudah JKT, bagaimana caranya agar NPWP saya bisa sama alamat nya dengan KTP skrg ?

    BalasHapus
  45. kenapa npwp saya tidak valid ya tolong jadi susah mau lapor spt online mau datang ke kntor pajak belum dapat libur

    BalasHapus
  46. kenpa npwp saya tidak valid ya saat ingin melaporkan spt online.tolong di bantu pak mau datang ke kntor pajak saya blum libur kerja

    BalasHapus
  47. Kalo NPWP Hilang bagaimana cara mengurusnya? Apakah langsung datang ke kantor pajak

    BalasHapus
  48. Saya dah daftar npwp status dah terkirim tapi kok blum ada jwabany dri kantor pjak,tolong di bntu dong.trimksih

    BalasHapus
  49. mau tanya dong .. saya tidak terima kertas untuk lapor pajak dari kantor .. cara cek status nya gimana yah ?
    saya mau tau apa sudah di laporin atau blm ...

    BalasHapus
  50. Bagaimana solusinya... Saya punya NPWP tapi saya sudah tidak bkerja di lembaga itu... bgaimana solusinya?

    BalasHapus
  51. Bagaimana kalau alamat yg tertera di kartu npwp alamat domisili bkn alamat sesuai kptp

    BalasHapus
  52. Hallo, saya mau tanya, bbrpa tahun yang lalu saya membuat npwp untuk syarat permohonan pekerjaan tetapi sampai saat ini saya tidak bekerja di perusaan mana pun. Apakah saya tetap harus membayar pajak penghasilan sedangkan saya tidak bekerja untukbperusaahan mana pun. Terimakasih

    BalasHapus
  53. permisi....mau tanya...kalau NPWP masih alamat lama mau pindah gimana caranya?

    BalasHapus
  54. kartu npwp saya hilang , apabisa cetak ulang? bagaimana caranya?

    BalasHapus
  55. saya sudah daftar online tp ko blm dikirim2 ya npwpnya. itu kenapa ya?

    BalasHapus
  56. Bagaimana mendapatkan no npwp saya yg kartunya hilang pak.. Dan supaya di cetak kan ulang kartu nya pak. Trims

    BalasHapus
  57. Bagaimana cara mengetahui npwp saya ada pajak yg terutang atau tdk?

    BalasHapus
  58. Cara mau cek npwp tp no npwp nya lupa gmna ya

    BalasHapus
  59. Cetak npwp dialamt sekrng tapi daftrny alamt KTP,apa bisa??

    BalasHapus
  60. Hallo, kalau mau cek status pajak perusahaan bagaimana?

    BalasHapus
  61. Maaf pak saya mau tanya saya sudah 2tahun ini tidak lapor spt tahunan dikarenakan dari pihak PT tmpat sya kerja tidak kasih kertas laporan spt saya dgn alasan saya baru masuk kerja blm ada 1thn itu thn pertama sya tdk lapor spt setelah itu saya habis kontrak dan di trima di PT lain lg lalu di PT itu pun sya tdk menerima kertas laporan spt saya dgn alasan yang sama sekarang saya sedang butuh prin an spt tahunan sya, sya bisa dapatkan itu dri mana ya pak? Sya k kantor pajak katanya yg ngprint itu pihak PT tp di PT tdk bs ngprint alasannya blm bekerja 1thn jd gmna solusinya pak trimakasih

    BalasHapus
  62. Mau tanya cara untuk ngprint spt tahunan sya d mana ya pak saya minta ke PT tdk bisa dengan alasan blm 1thn kerja saya le kantor pajak katanya yg ngprint itu pihak perusahaan jd gimana solusi y pak??

    BalasHapus
  63. Kk nma iswandi sudah masuk daftar online kah

    BalasHapus
  64. Jika suami sudah memiliki npwp.. Bolehkah istri mengajukan permohonan penghapusan npwp? Mohon bantuannya

    BalasHapus
  65. Mohon bantuannya admin saya bikin NPWP Jumat Minggu lalu sampe skrg NPWP blm sampe sampe ,kira kira kendalanya apa ya?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel