Validasi NPWP Tidak Valid atau Tidak Aktif

Terkadang Anda mendapat NPWP tidak valid atau NPWP tidak aktif lagi. Validasi NPWP adalah mengecek kebenaran atas nomor NPWP yang Anda miliki. Namun seperti yang sudah kami tulis pada artikel Cara Cek NPWP Online, data terkait nomor NPWP tersebut tidak bisa Anda dapatkan kecuali dengan cara datang langsung ke kantor pajak.

Validasi NPWP Tidak Valid atau Tidak Aktif

Validasi Nomor NPWP

Validasi nomor NPWP hanya mengecek apakah nomor NPWP yang Anda miliki valid atau tidak valid. Maksudnya adalah susunan angkan pada nomor NPWP secara sistem dibuat sedemikian rupa sehingga susunan angka tersebut memiliki pola tertentu.

Validasi nomor NPWP dibawah ini tidak bisa mengecek apakah NPWP tersebut asli atau palsu, karena untuk mengetahui apakah NPWP tersebut asli, Anda harus mengeceknya langsung ke kantor pajak. Berikut adalah Validasi nomor NPWP yang dapat Anda lakukan secara Online. Isikan nomor NPWP Anda pada tabel di bawah ini


Jika Anda kesulitan menggunakan aplikasi Validasi NPWP Online tersebut, silahkan download file excel offline yang dapat Anda gunakan untuk mengecek validitas NPWP yang Anda miliki.

Validasi NPWP Berstatus PE

Jika Anda sudah pernah melakukan kewajiban pelaporan SPT Tahunan, mungkin saja Anda akan menemui cetakan tanda terima pelaporan SPT Tahunan terdapat tulisan "berstatus PE". Jika NPWP Anda berstatus PE berarti Anda baru mendaftarkan diri untuk memiliki NPWP dan seharusnya Anda belum wajib untuk lapor SPT Tahunan.

Walaupun berstatus PE, Anda tetap boleh untuk lapor SPT Tahunan, hanya saja jika Anda tidak lapor SPT Tahunan maka Anda belum akan dikenakan sanksi pajak.

Validasi NPWP Berstatus NE

NPWP berstatus NE merupakan pemberitahuan bahwa NPWP Anda saat ini tidak bisa digunakan karena statusnya Non Efektif. Hal ini biasa Anda temui saat lapor SPT Tahunan secara online. Jika status NPWP Anda NE, maka Anda tidak wajib untuk lapor SPT Tahunan. Namun jika Anda ingin tetap melaporkan SPT Tahunan, maka Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan kembali kartu NPWP Anda.

Untuk mengaktifkan kembali NPWP NE cukup mudah. Anda cukup mengisi formulir permohonan pengaktifan kembali wajib pajak non efektif.

Formulir Permohonan Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif

Berikut ini adalah formulir permohonan pengaktifan kembali wajib pajak non efektif dengan format excel, jadi Anda tinggal mengedit sesuai dengan kolom yang dibutuhkan. Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini silahkan share ke media sosial agar lebih banyak yang tahu, saya sangat berterima kasih jika Anda melakukannya.

39 comments

Gimna cara cek npwp tapi lupa nomor, bisakah cek online melalui nama?

Gimna cara cek npwp tapi lupa nomor, bisakah cek online melalui nama?

Gimna cara cek npwp tapi lupa nomor, bisakah cek online melalui nama?

ada valid, tapi hasilnya malah gak valid dimasukkan kesini. sepertinya formulasi di excel-nya perlu diperbaiki lagi nih..

Silahkan baca di sini pak
http://www.npwponline.com/2016/03/cetak-ulang-npwp-hilang.html

Tidak bisa.
Silahkan baca di sini pak.
http://www.npwponline.com/2016/03/cetak-ulang-npwp-hilang.html

Tidak bisa online.
Silahkan baca di sini pak.
http://www.npwponline.com/2016/03/cetak-ulang-npwp-hilang.html

contoh nomor di atas sudah kami cek dan memang valid pak. Jika bapak sudah memasukkan nomor namun hasilnya TIDAK VALID, kemungkinan ada kesalahan saat memasukkan nomor NPWP nya. Silahkan coba kembali

Saya baru membuat npwp online, bagaimana saya dapat tahu bahwa npwp saya sudah jadi?

dulu ketika freelance sy disuruh buat NPWP namun tak lama kemudian saya keluar dr tempat freelance saya. nah 2 tahun kemudian (sekarang) saya baru mulai masuk kerja, NPWP yang saya buat dulu bisa langsung saya gunakan atau harus ke KPP terdekat dulu?

Saya punya npwp di kerjaan terakhir, Dan sudah nganggur 8 bulan, lalu apa sekarang masih aktif ya?

Selamat Pagi,
Yang saya ingin tanyakan berkaitan dengan proses penggabungan NPWP suami/istri
Tahap – tahap yang sudah saya lakukan sejauh ini adalah:
1. Menyerahkan dokumen – dokumen untuk penghapusan Wajib Pajak dan penggabungan NPWP (31 Agustus 2016)
2. Saya mendapatkan panggilan untuk pemeriksaan dokumen (14 November 2016)
Minggu ini saya menanyakan kembali status penggabungan NPWP saya, karena saya harus lapor ke kantor untuk proses pemotongan pajak (1721 –A1).
“ternyata kartu NPWP barunya tdk bisa dicetak karena nomer kartu keluarga ibu keluaran terbaru, blm.masuk di sistem.kita, Sebenernya no NPWPnya itu sama dengan suami, cuma di.bagian nama ada nama ibunya”
Apakah saya sebagai wajib pajak tidak menerima bukti penggabungan npwp saya? Karena saya membayar pajak atas penghasilan saya.
Proses selanjutnya apakah saya perlu menanyakan hal ini ke KPP suami terdaftar? Atau sudah cukup dengan kata – kata tersebut diatas?

No npwp ada masa berlakunya ga yah ?

Pak kemaren sudah daftar online dan mengirim surat keterangan lewat pos. Tapi sampai sekarang belum ada respon dari pihak terkait

saya sudah bikin NPWP. tetapi kenapa saya tidak mendapatkan kartu NPWP?

yang saya berlaku seumur hidup

cek di hati mu dan hatiku :v

Mau tanya,,,untuk pengurusan online itu berapa hari ada pemberitahuannya?terima kasih

Mau tanya,,,untuk pengurusan online itu berapa hari ada pemberitahuannya?terima kasih

Mau tanya,,,untuk pengurusan online itu berapa hari ada pemberitahuannya?terima kasih

paling cepat 1 hari, paling lama 14 hari. pemberitahuan diterima artau ditolak lewat email yg dipakai untuk daftar npwp online

jika permohonan diterima, maka npwp dikirim via pos, jika sudah lewat 1 bulan bisa diambil langsung di kantor pajak terdekat

coba telp kantor pajak yg bersangkutan

betul sekali, npwp berlaku seumur hidup

jika npwp atas nama ibu dudah terhapus maka sudah cukup

coba dicek dulu ke kantor pajak, biasanya untuk npwp yg tidak dipakai dalam jangka waktu lebih dari 1 tahun akan dinonaktifkan

ada pemberitahuan npwp via email

Mau tanya,gimana cek tanggal pembuatan npwp ya?

untuk perubahan identitas NIK di npwp gimana prosesnya yah? soalnya NIK di KTP sama di NPWP beda.

Bagaimana cara mengecek validasi npwp secara online ya ,,mohon infonya ,,trimakaish

masukkan npwp bapak pada kolom dalam artikle di atas

harus datang langsung ke kantor pajak, kemudian isi formulir perubahan data NPWP

untuk tanggal pembuatan npwp cuma bisa di cek langsung ke kantor pajak

cara cek tanggal pembuatan NPWP gmn ya? karena di kartu NPWP saya tidak tercantun tgl pembuatannya.

bisa dilihat melalui DJP Online

sudah punay akun DJP online?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

PERINGATAN!!!
Jangan menuliskan nomor NPWP Anda pada kolom komentar. Gunakan bahasa yang sopan untuk bertanya terkait dengan kartu NPWP Anda. Terima Kasih
EmoticonEmoticon