-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

NPWP Hilang Bisa Cetak Ulang, Begini Cara Mengurusnya

Saat ini Anda bisa melakukan cetak kartu NPWP maupun cetak NPWP elektronik dengan sangat mudah. Selengkapnya bisa ikuti panduan di bawah ini.

Konten [Tampil]

Kartu NPWP Hilang

Mengurus kartu NPWP hilang bukan lah hal yang merepotkan. Banyak yang bertanya apakah mengurus npwp hilang online bisa dilakukan? Bagaimana jika kartu npwp hilang diluar kota? Apakah cetak npwp di bisa dilakukan di kpp lain? 

Ada banyak alasan yang mengakibatkan hal-hal penting yang kita miliki hilang. Termasuk juga atas kartu NPWP Anda. Bisa saja atas ketidaksengajaan kartu NPWP Anda hilang dijalan. Atau secara kebetulan kartu NPWP Anda terbakar sehingga NPWP rusak dan tidak dapat digunakan. 

Jika hal ini terjadi, maka mau tidak mau Anda harus mengurus kembali kartu NPWP yang hilang atau rusak tersebut. Untuk cetak ulang NPWP Anda kembali, Anda tidak perlu melakukan pendaftaran dari awal karena data Anda sudah tersimpan dalam sistem komputer Direktorat Jenderal Pajak. 

Yang perlu Anda lakukan cukup cetak ulang NPWP saja. Berikut penjelasan cetak kartu NPWP Hilang, semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan Anda.

Mengurus Cetak Ulang NPWP Hilang 2020

Untuk mengurus cetak ulang NPWP hilang cukup mudah. Ada 2 jenis NPWP yaitu NPWP Pribadi dan NPWP Perusahaan, untuk kententuan cetak ulang untuk NPWP Pribadi dan NPWP Perusahaan sebagai berikut

Syarat Cetak Ulang NPWP Pribadi

  1. Surat Keterangan Hilang dari kepolisian
  2. Fotokopi KTP. Jika KTP juga hilang maka dalam Surat Keterangan Hilang dari kepolisian harus mencantumkan keterangan KTP hilang juga.
  3. Surat Kuasa jika bukan atas NPWP Anda sendiri
  4. Isi Formulir Cetak ulang NPWP Pribadi (tersedia di kantor pajak)

Syarat Cetak Ulang NPWP Perusahaan

  1. Surat Keterangan Hilang dari kepolisian
  2. Fotokopi NPWP Direktur Perusahaan
  3. Fotokopi Akta Perusahaan
  4. Surat Kuasa jika Anda bukan direktur perusahaan tersebut
  5. Isi Formulir Cetak ulang NPWP Perusahaan (tersedia di kantor pajak)

Untuk pengurusannya tidak memakan waktu lama. Cukup lengkapi syarat cetak kartu NPWP hilang di atas, kemudian serahkan ke petugas pajak. 

Petugas pajak akan melalukan validasi terlebih dahulu, jika dinyatakan valid maka kartu NPWP akan dicetak saat itu juga. Dan perlu diketahui, biaya cetak ulang kartu NPWP Hilang adalah gratis / tidak dipungut biaya.

Syarat Cetak Ulang NPWP Rusak

Untuk NPWP yang patah, rusak, atau tulisan dalam kartu NPWP sudah tidak jelas tidak perlu melengkapi persyaratan NPWP hilang. 

Anda cukup datang ke kantor pajak dengan membawa NPWP asli yang sudah rusak tersebut dan isi formulir cetak ulangnya, dan NPWP baru langsung diberikan saat itu juga, mudah bukan?

NPWP Hilang di Luar Kota

NPWP hilang saat Anda bepergian ke luar kota memang sesuatu yang menyusahkan. Apalagi yang hilang tidak cuma NPWP, namun mungkin saja KTP, SIM, STNK, dan lain lain. Nah, untuk NPWP hilang di luar kota bagaimana cara mengurusnya?

Sebenarnya mudah saja, Anda tidak perlu panik karena cetak npwp di kpp lain bisa dilakukan. Anda cukup lengkapi persyaratan yang saya sebutkan di atas kemudian Anda bisa cetak ulang NPWP di kantor pajak terdekat, mudah bukan?

Yang agak ribet jika NPWP yang hilang adalah NPWP perusahaan, karena kantor pajak mensyaratkan fotokopi akta perusahaan dan surat kuasa jika bukan direktur yang mengurusakannya.

Cetak NPWP Online, Bisa kah?

Banyak juga yang menanyakan di blog ini, apakah bisa cetak NPWP online? Secara umum, Anda tidak bisa mengurus npwp hilang melalui internet. 

Sebenarnya dengan melihat persyaratan cetak ulang NPWP, Anda bisa langsung tahu bahwa ada berkas yang harus Anda siapkan agar NPWP bisa dicetak ulang.

Toh NPWP bisa dicetak ulang di kantor pajak di seluruh Indonesia, jadi buat apa mengurus npwp hilang bisa secara online jika Anda bisa mengurusnya di kantor pajak terdekat dan prosesnya pun cukup beberapa menit saja.

Namun jika yang Anda maksud adalah cetak kartu NPWP baru, maka Anda perlu paham aturan terkait pembuatan NPWP Online ini. Karena seperti yang pernah kami jelaskan bahwa jika Anda melakukan pendaftaran NPWP online, maka kartu NPWP akan dikirim ke alamat Anda.

Jika permohonan NPWP online Anda sudah diterima, maka Anda cukup menunggu kartu NPWP dikirim ke alamat Anda. Jadi, Anda tidak perlu melakukan permohonan untuk cetak NPWP online.

Formulir Permohonan Cetak Ulang NPWP Word

Sebenarnya formulir permohonan cetak ulang npwp sudah tersedia di kantor pajak. Namun untuk mempermudah Anda untuk mempersiapkan dokumen untuk cetak ulang NPWP, berikut kami berikan file formulir permohonan cetak ulang npwp dengan format word.


Jadi seperti itulah cara mengurus cetak ulang NPWP hilang untuk pribadi maupun perusahaan. Semoga artikel ini bisa menjawab kebimbangan Anda. 

Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini silahkan share ke media sosial agar lebih banyak yang tahu, saya sangat berterima kasih jika Anda melakukannya.

Baru! Cetak Kartu NPWP Digital

Baru-baru ini DJP menyediakan aplikasi cetak kartu npwp digital melalui menu DJP Online. Berbeda dengan NPWP yang biasanya berbentuk kartu fisik, untuk NPWP digital ini akan dikirim ke alamat email Anda. NPWP digital ini bisa Anda jadikan sebagai NPWP sementara jika kartu NPWP Anda hilang dan Anda belum sempat mengurusnya.

Untuk melakukan cetak kartu NPWP digital sangatlah mudah, Anda tinggal melakukan login pada aplikasi DJP Online milik Direktorat Jenderal Pajak kemudian pada halaman informasi sudah tersedia aplikasi cetak kartu npwp digital ini.

Namun ada syarat yang harus Anda penuhi untuk cetak kartu NPWP digital, yaitu Anda Wajib memiliki akun DJP Online. Untuk melakukan pendaftaran akun DJP Online maka Anda harus punya kode EFIN. Selengkapnya bisa Anda baca di sini Panduan Daftar Akun DJP Online.

Berikut menu aplikasi cetak kartu npwp digital untuk cetak kartu NPWP digital milik Anda. Tinggal klik tombol "Kirim Email" dan NPWP digital otomatis dikirim ke email yang terdaftar dalam aplikasi DJP Online, mudah bukan?

cetak kartu NPWP digital
pinjaman online yang bagus kta kilat bunga rendah pinjaman dana tunai online cara agar pinjaman online di acc kta yang mudah di acc pengajuan kta permata online pinjaman online bayar cicilan pinjaman online gampang di acc cara pinjaman online cepat cair pinjaman online terpercaya pinjaman online ga ribet pinjaman online sehari cair hutang online langsung cair pinjam uang online tanpa slip gaji cara melakukan pinjaman online list pinjaman online ojk pinjaman online satu jam cair kta online bank permata pinjaman online gak ribet langsung cair pinjaman cicilan online pinjaman online cepat terpercaya pinjaman mudah dan cepat cair pinjaman sehari cair pinjaman online berbasis ojk pinjaman online cepat cair tanpa slip gaji