-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Validasi NPWP Tidak Aktif, NPWP Tidak Valid, atau NPWP Palsu

Konten [Tutup]
    Validasi NPWP Tidak Aktif

    Terkadang Anda mendapat NPWP tidak valid, NPWP tidak aktif lagi, atau bahkan NPWP palsu. Validasi NPWP adalah mengecek kebenaran atas nomor NPWP yang Anda miliki. 

    Namun seperti yang sudah kami tulis pada artikel Cara Cek NPWP Online, data-data terkait nomor NPWP tersebut seperti :
    • data pembayaran pajak;
    • data pelaporan SPT;
    • nomor telepon;
    • alamat email;
    • direktur atau penanggung jawab;

    tidak bisa Anda dapatkan secara online, dan satu-satunya cara untuk mengecek data-data tersebut adalah dengan cara datang langsung ke kantor pajak.

    Validasi Nomor NPWP

    Validasi nomor NPWP hanya mengecek apakah nomor NPWP yang Anda miliki valid atau tidak valid. Maksudnya adalah susunan angkan pada nomor NPWP secara sistem dibuat sedemikian rupa sehingga susunan angka tersebut memiliki pola tertentu.

    Validasi nomor NPWP dibawah ini tidak bisa mengecek apakah NPWP tersebut asli atau palsu, karena untuk mengetahui apakah NPWP tersebut asli, Anda harus mengeceknya langsung ke kantor pajak.

    Karena di kantor pajak setiap NPWP asli dan berstatus masih aktif pasti akan muncul di dalam sistem perpajakan. Berikut adalah Validasi nomor NPWP yang dapat Anda lakukan secara online.
    Ubah nomor NPWP dibawah ini, jika nomor NPWP Anda valid maka setelah Anda klik enter maka tombol akan berubah menjadi NPWP Valid!. Untuk pengguna Smartphone silahkan ubah posisi menjadi lanscape (HP dimiringkan)

    Jika Anda kesulitan menggunakan aplikasi Validasi NPWP Online tersebut, silahkan download file excel offline yang dapat Anda gunakan untuk mengecek validitas NPWP yang Anda miliki di sini (password: npwponline)

    Validasi NPWP Berstatus PE

    Jika Anda sudah pernah melakukan kewajiban pelaporan SPT Tahunan, mungkin saja Anda akan menemui cetakan tanda terima pelaporan SPT Tahunan terdapat tulisan "berstatus PE"

    Jika NPWP Anda berstatus PE berarti Anda baru mendaftarkan diri untuk memiliki NPWP dan seharusnya Anda belum wajib untuk lapor SPT Tahunan.

    Walaupun berstatus PE, Anda tetap boleh untuk lapor SPT Tahunan, hanya saja jika Anda tidak lapor SPT Tahunan maka Anda belum akan dikenakan sanksi pajak.

    Validasi NPWP Berstatus NE

    NPWP berstatus NE merupakan pemberitahuan bahwa NPWP Anda saat ini tidak bisa digunakan karena statusnya Non Efektif

    Hal ini biasa Anda temui saat lapor SPT Tahunan secara online. Jika status NPWP Anda NE, maka Anda tidak wajib untuk lapor SPT Tahunan. 

    Namun jika Anda ingin tetap melaporkan SPT Tahunan, maka Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan kembali kartu NPWP Anda.

    Untuk mengaktifkan kembali NPWP NE cukup mudah. Anda cukup mengisi formulir permohonan pengaktifan kembali wajib pajak non efektif.

    Formulir Permohonan Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif

    Berikut ini adalah formulir permohonan pengaktifan kembali wajib pajak non efektif dengan format excel, jadi Anda tinggal mengedit sesuai dengan kolom yang dibutuhkan. 

    Jika Anda merasa terbantu dengan artikel ini silahkan share ke media sosial agar lebih banyak yang tahu, saya sangat berterima kasih jika Anda melakukannya.

    Masih ada pertanyaan seputar NPWP atau EFIN? Kami ada rangkuman pertayaan yang disampaiakan melalui twitter Direktorat Jenderal Pajak di sini NPWP Bermasalah? Atau e-FIN Hilang? Ini Jawaban Dari Kantor Pajak