-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek NPWP Pake NIK KTP bisa tidak?

Di tahun 2021 DJP meluncurkan aplikasi cek NPWP pakai NIK KTP dan juga nomor KK. Hal ini tentu saja mempermudah Anda untuk melakukan cek nomor NPWP.

Konten [Tampil]

 cara cek npwp pake nik

KTP atau kartu tanda penduduk merupakan kartu identitas yang dimiliki oleh seluruh warga negara Indonesia. Bahkan saat ini ada yang namanya KIA atau kartu identitas anak yang fungsinya setara dengan KTP.

KTP merupakan kartu serbaguna yang wajib Anda miliki ketika mau mengurus perijinan atau syarat administratif yang berhubungan dengan pemerintahan. Salah satunya adalah untuk syarat membuat kartu NPWP.

Bagi Anda yang sudah memiliki kartu NPWP pasti sudah paham bahwa saat mendaftar NPWP baik secara online maupun saat datang langsung ke kantor pajak pastinya Anda diminta KTP ini.

Jika keadaanya berbalik, ternyata kartu NPWP Anda hilang atau Anda lupa nomor NPWP Anda, bagaimana cek nomor npwp berdasarkan nomor ktp ? Bisa tidak? Untuk itu mari kita ulas bagaimana cara cek NPWP pake NIK KTP.

NIK sudah terdaftar NPWP

Kami yakin Anda yang sedang membaca artikel ini pasti sedang mengalami masalah saat melakukan pendaftaran NPWP secara online. Banyak pertanyaan yang kami terima terkait nik sudah terdaftar npwp pada formulir NPWP online.

Saat ini data terkait NIK KTP dengan nomor NPWP sudah terhubung. Sehingga jika Anda melakukan pendaftaran NPWP secara online dan Anda mendapat peringatan nik sudah terdaftar npwp, maka Anda tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran NPWP online.

Bagaimana nik sudah terdaftar npwp padahal Anda merasa belum pernah mendaftarkan NPWP atas nama Anda?

Pertama, mungkin saja dulu di tempat Anda bekerja pernah melakukan pendaftaran NPWP secara kolektif untuk kebutuhan instansi atau perusahaan tempat Anda bekerja. Sehingga tanpa Anda sadari ternyata Anda sudah punya kartu NPWP. (Baca: Masa Aktif Kartu NPWP)

Kedua, terjadi NIK ganda atas KTP yang Anda miliki. Hal ini sering kami jumpai ketika satu nomor NIK KTP ternyata dimiliki oleh dua atau lebih nama yang berbeda. Hal ini terjadi karena dari DISPENDUK melakukan salah pendataan atas data kependudukan. Sehingga data ganda ini mengakibatkan muncul peringatan nik sudah terdaftar npwp. 

Cek NPWP Pake NIK

Apakah dimungkinkan untuk cek nomor npwp berdasarkan nomor ktp melalui online? Mulai tahun 2021 DJP telah membuat aplikasi online untuk cek NPWP pakai NIK. Namun tidak hanya KTP, Anda juga membutuhkan kartu keluarga untuk melakukan pengecekan ini. Berikut tampilannya

Cek NPWP Pake NIK

Untuk mengakses aplikasi cek npwp online ini sangat mudah. silahkan masuk ke alamat berikut: https://ereg.pajak.go.id/ceknpwp , kemudian tinggal isi NIK KTP dan juga nomor KK. Pada halaman tersebut ada peringatan seperti ini

Disclaimer : Data NIK dan KK harus sesuai untuk melakukan validasi NPWP. Untuk keamanan, informasi Nama Wajib Pajak disamarkan.

Hal ini dikarenakan kantor pajak memiliki kerahasiaan atas segala informasi Wajib Pajak. Walaupun nomor NPWP dan NIK KTP terhubung, Anda tidak memiliki akses seluruh data secara online untuk melihat data ini. Namun minimal Anda tahu bahwa NPWP Anda aktif.

Cek Nomor NPWP dengan Nama

Bisa tidak cek nomor NPWP dengan nama Anda? Saat ini baru tersedian cek NPWP pake NIK KTP saja, sementara untuk cek NPWP dengan nama belum tersedia. Misalkan nama Anda Budi. Berapa banyak nama Budi yang sudah memiliki kartu NPWP.

Untuk kasus ini maka jawabannya akan sama, Anda akan tetap diminta KTP untuk melihat nomor NIK Anda. Karena hanya dengan NIK saja petugas pajak dapat melakukan validasi NPWP pribadi Anda.

Jika Anda kehilangan KTP Anda maka Anda harus terlebih dahulu mengurus KTP sementara di DISPENDUK baru setelah itu Anda dapat meminta petugas pajak melihat nomor NPWP Anda.

pinjaman tercepat pinjam duit online cepat pinjaman online yang bisa dicicil bulanan pinjol dengan tenor lama kredit online 24 jam pinjaman online cicilan tanpa jaminan cari pinjaman uang online pinjaman tunai langsung cair pinjaman online langsung cair modal ktp pinjaman tanpa ojk pinjaman online yang tidak ribet pinjaman online yg mudah pinjam uang syarat mudah