Berapa Lama Masa Aktif Kartu NPWP? Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali NPWP?

Berapa Lama Masa Aktif Kartu NPWP? Setiap kartu Administratif yang Anda punya memiliki masa aktif masing-masing. Misalkan saja SIM yang memiliki masa aktif 5 Tahun. KTP yang memiliki masa aktif 5 Tahun. ATM yang memiliki masa aktif 10 hingga 25 Tahun. STNK yang memiliki masa aktif 1 Tahun. Dan masih banyak contoh yang lain. Dan ketika masa aktif tersebut telah daluarsa, maka Anda harus melakukan perpanjangan. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui masa aktif setiap kartu Administratif yang Anda punya. Bagaimana dengan kartu NPWP?


Masa Aktif Kartu NPWP

Kartu NPWP layaknya kartu Administratif yang lainnya. Fungsinya sebagai tanda pengenal atas transaksi perpajakan Anda. Yang membedakan kartu NPWP dengan kartu Administratif yang lain adalah masa aktifnya. Masa aktif kartu NPWP adalah seumur hidup. Maksudnya adalah ketika Kartu NPWP sudah tercetak, maka kartu tersebut dapat Anda gunakan sampai Anda tidak membutuhkannya lagi.

Walaupun Masa aktif kartu NPWP adalah seumur hidup, bukan berarti kartu NPWP Anda tidak bisa diubah datanya. Selama kartu NPWP Anda masih aktif, Anda dapat melakukan perubahan data atas NPWP tersebut kapan saja dan di kantor pajak mana saja. Selain itu, Anda pun dapat melakukan cetak ulang kartu NPWP yang hilang tanpa melakukan pendaftaran NPWP kembali.

Namun perlu Anda perhatikan, jika dalam kurun waktu tertentu Anda tidak melakukan kewajiban perpajakan, maka bisa saja kantor pajak melakukan pembekuan nomor NPWP (menonaktifkan NPWP) atau bisa juga kantor pajak melakukan penghapusan atas kartu NPWP yang Anda miliki. Agar hal ini tidak terjadi, maka selalu penuhi kewajiban perpajakan Anda, sehingga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan kartu NPWP, Anda tidak perlu kebingungan mengurusnya kembali.


Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali NPWP?

Jika NPWP Anda berstatus nonaktif atau bisa disebut non efektif ( NPWP NE ), maka yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan kembali NPWP Anda. Cara mengaktifkan kembali NPWP sangat lah mudah, Anda tinggal melakukan permohonan pengaktifan kembali NPWP. Isilah Formulir Permohonan Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif  kemudian sampaikan ke kantor pajak tempat Anda terdaftar.

Formulir Permohonan Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif sudah tersedia di kantor pajak. Atau Anda bisa download Formulir Permohonan Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif di bawah ini

18 comments

madafaka sucker bitch

bahasa nya yang sopan dong,, gimana sih

iya... saya ngak pernah melapaorkan NPWP, penghasilan masih UMR

Selamat Pagi..Saya mau bertanya dong, saya sudah mempunyai NPWP kurang dari 1th. Di perusahaan saya bekerja tidak dibayarkan untuk PPH21, langkah apa yang harus saya lakukan demi permohonan wajib lapor pajak.
Tks

sebaiknya lapor saja, bisa lapor nihil jika dibawah UMR

darimana bapak tahu perusahaan tidak bayar pph pasal 21 nya?
perusahaan wajib melalakukan pembayaran dan pelaporan pph 21 jika memiliki karyawan

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Punya npwp udah sekitar 7 bln tapi belum d setorkan k perusahaan apakah hangus?

Sudah punya npwp tapi tidak bekerja dikarenakan sakit selama 6 bulan, apakah kena pajak? Npwpnya msh aktif?

pajak karyawan dipotong perusahaan, jadi kalau tidak kerja ya tidak dipotong. Untuk npwp seharusnya masih aktif

tidak hangus, namun bisa saja tidak aktif npwp nya. silahkan cek ke kantor pajak terdekat

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Selamat malam, saya mau tanya kenapa status PPh saya non NPWP ??

Cara mengecek NPWP masih aktif atau enggak, caranya bagaimana. Terimakasih

Kalo penghasilan kadang 3 jt sebulan

Kadang kalo ada rejeki bisa 6jt an

Bagai mana cara menghitungnya.?

Npwp sudah ga kerja lagi sejak 2011

Npwp dulu yg bikinin kantor soalnya

Gimana cara ngitungnya ya?

untuk pemilik usaha, pajaknya 1% dari omzet, jadi disesuaikan dg penghasilan bulan tersebut pak

Emang kalau g bayar Pajak hukuman nya apa ya?? heheheheheee

PERINGATAN!!!
Jangan menuliskan nomor NPWP Anda pada kolom komentar. Gunakan bahasa yang sopan untuk bertanya terkait dengan kartu NPWP Anda. Terima Kasih
EmoticonEmoticon