-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PTKP Terbaru 2021, Cara Menghitung, dan Contoh Perhitungan

PTKP terbaru dalam perhitungan PPh pasal 21 harus dicek karena jika salah menentukan besarnya PTKP maka perhitungan pajak penghasilan juga salah.

Konten [Tampil]
Pengertian PTKP

Penghasilan Tidak Kena Pajak kerap dikenal juga sebagai PTKP telah diatur dalam UU terkait kebijakan tarif dan bagaimana metode perhitungannya. 

PTKP terbaru harus diketahui guna memudahkan penghitungan PPh, karena jika total penghasilan tahunan yang dimiliki seseorang melebihi standar minimal, maka ia akan dikenakan kewajiban membayar PPh Pasal 21.

Pengertian PTKP Secara Umum

PTKP ialah kependekan dari Penghasilan Tidak Kena Pajak, yakni total pendapatan yang diperoleh wajib pajak bersifat pribadi, yang mana dibebaskan dari pembayaran PPh. 

Secara mudahnya, PTKP terbaru dapat dipahami sebagai total penghasilan tahunan seseorang yang tidak dikenakan pajak. Penetapan tarifnya sudah diatur berdasarkan Peraturan Dirjen Pajak tahun 2016.

Untuk memahami seputar PTKP dalam kehidupan nyata, contohnya begini. Ada seseorang yang memiliki penghasilan sebesar Rp 4.500.000 per bulan. 

Sebagaimana dipahami bahwa setiap gaji yang didapatkan, ada nominal PPh yang harus dibayarkan. Total penghasilan bulanan orang tersebut dihitung per tahun (dikali 12) kemudian dikurangi beban pajak sesuai UU, maka akan menjadi PTKP.

Tanggungan PTKP dan Ketentuan di Tahun 2021

PTKP dikenakan pada setiap warga negara (wajib pajak) yang memiliki kegiatan usaha atau mempunyai pekerjaan bebas lainnya. 

PTKP ini digunakan dalam penghitungan pajak penghasilan dengan menggunakan acuan UU Nomor 36 khususnya pasal 17 yang fokus membahas perihal PPh. Berikut ketentuan seputar tanggungan PTKP sekaligus siapa saja yang termasuk kriteria tanggungan.

1. Syarat Tanggungan PTKP 2021

Penentuan besarnya PTKP terbaru ditinjau dari keadaan di awal tahun seseorang serta tidak mengalami perubahan pendapatan sepanjang tahun tersebut. 

Pendapatan seseorang tentu digunakan untuk mencukupi kebutuhan diri sendiri dan orang-orang yang menjadi tanggungan. Oleh karena itu, ada syarat tanggungan yang perlu diperhitungkan ketika mencari nilai PTKP.

Syarat pertama agar bisa dijadikan tanggungan ketika menghitung PTKP yaitu tidak boleh mempunyai penghasilan sendiri. Dalam hal ini usia dan status kekeluargaan juga dipertimbangkan. 

Syarat kedua, secara hukum belum berstatus menikah. Ketiga, tinggal satu atap bersama wajib pajak bersangkutan. Keempat, bukan kelahiran dan belum meninggal ketika tahun pajak masih berjalan. 

Adapun wajib pajak yang mempunyai anggota keluarga masih dalam satu garis keturunan, maka berlaku ketentuan tanggungan sepenuhnya (akan menjadi faktor pengurang dalam penghitungan PTKP). 

Berdasarkan kondisi tersebut, ada pengkategorian yang termasuk tanggungan dalam penghitungan PTKP meliputi:

  • Istri tidak bekerja serta tidak memiliki penghasilan sendiri.
  • Anak kandung atau anak adopsi/anak angkat yang belum mempunyai penghasilan sendiri, dengan maksimal jumlah tanggungan ialah 3 anak.
  • Orang Tua/Mertua yang tinggal serumah serta tidak bekerja maupun tidak terikat dengan tunjangan pensiun, hari tua, asuransi, dan sejenisnya.

2. Batas Usia Anak Tanggungan PTKP 2021

Penetapan batas usia anak yang dijadikan tanggungan dalam perhitungan PTKP terbaru didasarkan pada UU tentang fiskal. 

Berdasarkan ketentuan ini diketahui bahwa anak yang berusia kurang dari atau sama dengan 21 tahun, maka masih digolongkan sebagai tanggungan wajib pajak bersangkutan. 

Namun yang lebih penting, sebenarnya faktor lain untuk menjadikan anak bagian dari tanggungan yakni ada tidaknya pendapatan yang dihasilkan. 

3. Batasan Tanggungan dalam PTKP 2021

Setiap wajib pajak yang mempunyai anggota keluarga masih satu garis keturunan langsung, maka berhak mendapatkan tambahan batasan PTKP terbaru hingga maksimal 3 orang. 

Jadi anggota keluarga yang masih belum memiliki penghasilan sendiri, secara otomatis masuk ke dalam perhitungan tanggungan yang mengurangi PTKP. Berikut ketentuan penetapan PTKP.

PTKP untuk Laki-Laki atau Wanita Belum Kawin

Bagi laki-laki atau wanita yang telah masuk usia sebagai wajib pajak tetapi masih belum menikah, maka dikenakan tanggungan hingga Rp 54.000.000. 

Selain itu, tidak dikenakan tanggungan bagi laki-laki atau wanita yang di dalam satu rumah sama dengan wajib pajak sudah ada 3 tanggungan lain.

PTKP untuk Laki-Laki atau Wanita Belum Bekerja

Ada faktor yang menyebabkan seorang laki-laki maupun wanita bekerja tidak lagi dibebankan kepada wajib pajak bersangkutan. 

Pertama, untuk istri yang telah bekerja tidak dikenakan tanggungan sebesar Rp 112.500.000 dengan asal mula perhitungan dari Rp 54.000.000 + Rp 54.000.000 + Rp 4.500.000.

Wajib Pajak Telah Menikah dan Penghasilannya Digabung

Batasan untuk menentukan nilai PTKP juga dipengaruhi oleh status perkawinan. Besarnya PTKP bagi wajib pajak yang telah menikah dihitung berdasarkan asumsi bahwa total penghasilan suami istri setelah digabungkan menjadi lebih dari Rp 108.000.000 (Rp 54.000.000 + Rp 54.000.000). 

PTKP dari Warisan

Penghasilan ada juga yang didapatkan dari hasil warisan. Jika kasus ini terjadi, maka ahli waris perlu membagi terlebih dahulu sesuai bagian tiap orangnya. 

Setelah itu, barulah dilakukan perhitungan PTKP setiap ahli waris yang menjadi wajib pajak dengan menerapkan minimal Rp 54.000.000.

4. Keluarga Semenda

Keluarga semenda atau keluarga sedarah yang menjadi tanggungan untuk perhitungan PTKP terbaru meliputi seluruh anggota keluarga yang terhubung garis keturunan secara langsung. 

Namun garis keturunan ini berlaku linear menurun, dan tidak ke samping. Oleh karena itu, adik wajib pajak tidak dapat dikategorikan sebagai tanggungan.

Yang tergolong keluarga semenda dan diakui UU sebagai tanggungan yaitu anak (baik anak kandung maupun anak adopsi), orang tua, serta cucu. 

Jika wajib pajak tinggal serumah dengan seorang adik kandung yang telah dewasa tetapi belum bekerja, maka tidak termasuk keluarga semenda dalam menentukan PTKP. 

Cara Menghitung PTKP

Cara Menghitung PTKP 2021

Besarnya tarif PTKP terbaru mempengaruhi proses perhitungan, sehingga perlu diketahui bagaimana cara untuk menghitung PTKP secara mudah. 

Secara regulasi, ketentuannya sudah ada di Peraturan Menkeu tahun 2016 Nomor 10 tentang bagaimana perhitungan PTKP dilakukan. Berikut ringkasan cara menghitung PTKP dalam garis besarnya.

1. Kategori Tanggungan PTKP 2021

Secara finansial, tanggungan mengurangi penghasilan, sehingga apabila dirumuskan dalam perhitungan matematis menjadi pengurang. 

Agar bisa mengetahui berapa nominal pengurang PTKP, maka harus dianalisis terlebih dahulu tanggungan masuk ke kategori mana. Apakah keluarga semenda, istri nonpekerja, anak dan lain-lain. 

2. Menentukan Tarif PTKP 2021

Usai menganalisis kategori, cara selanjutnya untuk menghitung PTKP adalah dengan menentukan tarif yang berlaku. 

Setiap kategori memiliki tarif masing-masing, misalnya untuk istri dengan pendapatan digabung suami maka tarif PTKPnya sebesar Rp 54.000.000 dalam hitungan tahunan. 

3. Menjumlahkan Total Penghasilan per Tahun

Skala waktu yang dipakai untuk perhitungan PTKP adalah tahunan. Jadi apabila nilai yang dipakai pada penghasilan masih digunakan dalam jangka waktu bulanan, maka perlu dijadikan tahunan dulu. 

Caranya adalah dengan mengalikan jumlah pendapatan bulanan menjadi 12. Misalnya, seseorang memiliki gaji sebesar Rp 5.000.000 per bulan, maka total pendapatan kotornya selama satu tahun adalah 12 x Rp 5.000.000 = Rp 60.000.000.

4. Menjumlahkan Total PTKP

Setelah diketahui berapa total pendapatan kotor yang dimiliki seorang wajib pajak, selanjutnya dihitung total PTKP terbaru miliknya. Tarif PTKP dapat ditotal untuk jangka waktu tahunan maupun bulanan. 

Contoh Soal PTKP dan Jawabannya

Dalam implementasinya di kehidupan sehari-hari, ada banyak ditemukan kasus seputar dunia perpajakan. Mulai dari tarif PTKP yang berbeda-beda, kategorisasi tanggungan, hingga besaran nominal yang dikurangkan pada angka PTKP.  

1. PTKP Tidak Kawin

PTKP tidak kawin diberlakukan bagi wajib pajak yang sudah berada di kategori tanggungan, tetapi belum memiliki penghasilan sendiri. 

Bisa juga karena orang tersebut sudah memiliki penghasilan sendiri, tetapi masih belum menikah. Berikut contoh ilustrasi kasus PTKP terbaru dengan kategorisasi tidak kawin.

Ahmad merupakan seorang karyawan yang bekerja di perusahaan dengan gaji bulanan sebesar Rp 8.000.000. 

Ahmad hingga kini masih belum menikah, dan ia pun tidak tinggal dengan siapapun yang menjadi tanggungan. Berdasarkan ketentuan dalam PPh 21, maka besarnya tarif PTKP Ahmad adalah Rp 54.000.000 dengan rincian perhitungan sebagai berikut.

Gaji Pokok
8.000.000
Faktor Pengurang:

- Biaya jabatan sebesar 5% x Rp 8.000.000 400.000
- Biaya pensiun sebesar 1% x Rp 8.000.000 80.000


-480.000



Penghasilan bersih setiap bulan
7.520.000
Penghasilan bersih dalam satuan tahun (dikali 12)
90.240.000
PTKP senilai Rp 54.000.000
-54.000.000



Penghasilan kena pajak dalam jangka waktu setahun
36.240.000
PPh terutang sebesar 5% x Rp36.240.000
1.812.000



PPh sesuai pasal 21 dengan perhitungan Rp 1.812.000 / 12
151.000

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan yang didapatkan adalah Ahmad harus membayar total pajak senilai Rp 151.000 per bulan. Pajak tersebut bisa dibayarkan secara langsung ke KPP atau dipotong dari perusahaan.

2. PTKP Istri Bekerja

Perhitungan PTKP terbaru pada istri yang bekerja melibatkan penggabungan penghasilan antara dua wajib pajak (laki-laki dan perempuan yang tinggal serumah). Contohnya begini, Budi merupakan seorang wajib pajak yang bekerja dengan profesi dokter umum. Total penghasilan yang didapatkan Budi dalam jangka waktu satu tahun sebesar Rp 300.000.000 dengan penghasilan netto senilai Rp 150.000.000.

Adapun Budi mempunyai istri Dokter Maryam yang juga bekerja sebagai tenaga media dengan penghasilan netto tahunan sebesar Rp 100.000.000. Apabila Budi dan Maryam tidak terikat perjanjian yang menyatakan pisah harta (keduanya sepakat menggabungkan penghasilan), maka perhitungan PTKP keduanya yakni sebagai berikut.

Penghasilan Netto:

Rp 150.000.000 + Rp100.000.000
250.000.000



Perhitungan PTKP:

Wajib pajak pribadi 54.000.000
Status perkawinan 4.500.000
Istri bekerja 54.000.000
Total PTKP sebesar:
112.500.000



Penghasilan yang terkena pajak sebesar:
137.500.000



Penghitungan PPh terutang:

5% x Rp 50.000.000 2.500.000
15% x Rp 87.500.000 13.125.000



Total PPh terutang 15.625.000


 
Budi selaku suami harus menanggung pajak senilai
(Rp 150.000.000 / Rp 250.000.000) x Rp 15.625.000 = Rp 9.375.000

Sedangkan Maryam selaku istri yang bekerja harus menanggung pajak penghasilan senilai
(Rp 100.000.000 / Rp Rp 250.000.000) x Rp 15.625.000 = RP 6.250.000
 

3. PTKP Wanita Menikah

Ada perbedaan antara PTKP terbaru bagi wanita yang sudah menikah dengan yang belum menikah. Pada wanita yang telah menikah, ada penggabungan gaji dengan suami serta dikurangi oleh tanggungan PTKP. Contoh kasusnya seperti ini. Aminah bekerja sebagai seorang karyawan dengan gaji bulanan sebesar Rp 5.000.000. 

Aminah mempunyai seorang suami yang juga bekerja sebagai karyawan dengan gaji Rp 5.000.000 per bulan. Keduanya tidak terikat oleh pembagian kekayaan, sehingga gaji mereka digabungkan untuk memenuhi kebutuhan bersama. Adapun penghitungan PTKP Aminah dan suaminya sebagai berikut.

Penghasilan Netto per tahun:

(Rp 5.000.000 + Rp 5.000.000) x 12
120.000.000



Perhitungan PTKP:

Wajib pajak pribadi 54.000.000
Status perkawinan 4.500.000
Istri bekerja 54.000.000
Total PTKP sebesar:
-112.500.000



Penghasilan yang terkena pajak sebesar:
7.500.000



Penghitungan PPh terutang:

5% x Rp 50.000.000
2.500.000
15% x Rp 87.5000.000
13.125.000



Total PPh terutang
15.625.000
 
Suami Aminah harus menanggung pajak senilai
(Rp 60.000.000 / Rp 120.000.000) x Rp 15.625.000 = Rp 7.812.000

Sedangkan Aminah selaku istri yang bekerja harus menanggung pajak penghasilan senilai
(Rp 60.000.000 / Rp 120.000.000) x Rp 15.625.000 = Rp 7.812.000
 

4. PTKP Mertua Pensiunan Termasuk PTKP

Ternyata mempunyai mertua yang pensiunan juga berpengaruh terhadap penghitungan PTKP terbaru. Hal ini dikarenakan ada faktor keluarga semenda yang berupa garis keturunan lurus yang berlaku linear. Oleh karena itu, penghitungannya masuk ke dalam tanggungan satu orang apabila suami dan istri belum memiliki anak. Jika memiliki anak, maka jumlah anak ditambah mertua sama dengan total tanggungan. Berikut contoh kasusnya.

Andi bekerja di sebuah perusahaan dengan perolehan gaji bulanan sebesar Rp 7.000.000 per bulan. Andi memiliki istri yang tidak bekerja, belum mempunyai anak, dan mempunyai satu mertua pensiunan. Untuk menghitung PTKP Andi dalam satu tahun, berlaku penghitungan sebagai berikut.

Gaji bulanan
7.000.000



Pengurangan:

Biaya jabatan (5% x Rp 7.000.000) 350.000
Penghasilan netto sebulan 7.000.000 – 350.000 6.650.000
Penghasilan netto dalam satu tahun (dikali 12)
79.800.000
Perhitungan PTKP:
63.000.000



Penghasilan yang terkena pajak sebesar:
16.800.000



Penghitungan PPh terutang:

5% x Rp 16.800.000
840.000



PPh yang dipotong satu bulan
70.000

Apabila dihitung secara bulanan, maka total penghasilan Andi yang tidak kena pajak sebesar Rp 70.000. Angka ini akan semakin mengecil seiring bertambahnya tanggungan yang dimiliki oleh wajib pajak.

5. Pajak Gaji 5 Juta

Memiliki gaji bulanan sebesar Rp 5.000.000 bagi seorang yang masih belum menikah dan tidak mempunyai tanggungan, berarti dikenakan PPh sebesar Rp 54.000.000. Gaji bulanan tersebut dijadikan satuan dalam nominal per tahun, sehingga harus dikalikan 12 terlebih dahulu. Adapun perhitungan PTKP terbaru sebagai berikut. 

Gaji bulanan
5.000.000
Biaya jabatan (5% x Rp 5.000.000) 250.000
Penghasilan netto sebulan 5.000.000 – 250.000 4.750.000
Penghasilan bersih dalam satuan tahun (dikali 12)
57.000.000
PTKP senilai Rp 54.000.000
- 54.000.000



Penghasilan kena pajak dalam jangka waktu setahun
3.000.000
PPh terutang sebesar 5% x Rp 3.000.000
150.000



PPh sesuai pasal 21 dengan perhitungan Rp 300.000 / 12
12.500

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka kesimpulan yang didapatkan adalah wajib pajak tersebut harus membayar total pajak senilai Rp 12.500 per bulan atau Rp 150.000 per tahun. 

6. Punya NPWP Tapi Penghasilan di Bawah PTKP

Apabila seorang wajib pajak memiliki penghasilan di bawah PTKP terbaru, maka tidak diwajibkan untuk melakukan pelaporan SPT tahunan. Hal ini sudah tertera di Permen Keu Nomor 183/PMK.03/2007 terutama pasal 2 dan 3.  

Itulah informasi seputar PTKP terbaru beserta ketentuan dan cara perhitungannya. Pada dasarnya PTKP merupakan total gaji tahunan setelah dipotong oleh nominal pajak dan tanggungan lain-lain. Membayar pajak menjadi keharusan bagi setiap warga negara yang telah memenuhi ketentuan.

penghasilan tidak kena pajak 2020 ptkp pph 21 2020 ptkp 2016 sampai 2020 ptkp terbaru tahun 2020 tarif ptkp terbaru 2020 ptkp tk 0 2020 cara menghitung ptkp 2020 tabel penghasilan tidak kena pajak tarif ptkp tahun 2020 peraturan ptkp terbaru 2020 penghasilan tidak kena pajak tarif ptkp pph 21 tarif ptkp pph 21 2020 perhitungan pph 21 ptkp 2020 ptkp pph 21 tahun 2020 besar ptkp tahun 2020 ptkp 2020 per bulan ptkp 2020 orang pribadi pph 21 ptkp 2020 cara hitung ptkp 2020 ptkp 2020 pph 21 besarnya ptkp tahun 2020 besarnya ptkp terbaru terakhir disesuaikan berdasarkan ptkp orang pribadi 2020 ptkp yang berlaku saat ini pmk 101 tahun 2020 penghasilan kena pajak 2020 ptkp pph pasal 21 tahun 2020 besaran ptkp tahun 2020 tarif pph 21 2020 ptkp pph 21 terbaru tarif pph 21 tahun 2020 tarif pajak terbaru 2020 ptkp dari tahun ke tahun download perhitungan pph 21 excel 2020 daftar ptkp dari tahun ke tahun penghasilan tidak kena pajak tk k k/i ptkp pph pasal 21 penghasilan tidak kena pajak tk k ki apa itu ptkp dalam pajak tarif penghasilan tidak kena pajak batas ptkp pph 21 ptkp 2020 tk 0 tabel pendapatan dan tarif pajak ptkp kawin anak 3 2020 jumlah ptkp untuk k/4 adalah nilai ptkp tahun 2020 ptkp tahun 2020 adalah berapa ptkp tahun 2020 peraturan pajak terbaru 2020 ptkp 2020 tidak kawin tabel penghasilan kena pajak 5 tahun terakhir dari 2020 penghasilan tidak kena pajak 2019 tk k k/i uu pph terbaru 2020 penghasilan tidak kena pajak adalah pendapatan tidak kena pajak 2020 pmk 101 tahun 2020 pdf penghasilan tidak kena pajak 2019 apa itu ptkp pajak ptkp 2019 orang pribadi ptkp menikah 2 anak sebutkan ptkp tahun 2016 tarif pajak dan ptkp terbaru tabel tarif pph 21 ketentuan ptkp pph 21 pendapatan tidak kena pajak besarnya ptkp terbaru terakhir disesuaikan berdasarkan… pendapatan kena pajak 2020 berapa besaran penghasilan tidak kena pajak untuk status k/2 besarnya penghasilan tidak kena pajak menghitung penghasilan tidak kena pajak nominal ptkp pph pasal 21 kawin + anak 1 perhitungan ptkp pph 21 tuliskan tarif dari ptkp berapa penghasilan tidak kena pajak 2020 peraturan pajak penghasilan terbaru ptkp per bulan 2020 nominal ptkp pph pasal 21 peraturan pajak penghasilan terbaru 2020 tarif pph 21 2019 tarif ptkp tahun 2016 penghasilan kena pajak 2019 besar penghasilan tidak kena pajak tarif pajak tahun 2020 ptkp kawin anak 2 2020 tuliskan daftar aturan dalam bentuk tabel ptkp kawin 1 anak penghasilan tidak kena pajak terbaru ptkp wp pribadi 2020 penghasilan minimal kena pajak ptkp 2016 sampai 2019 bagaimana aturan tarif ptkp berdasar pmk no 101/pmk.010/2016 ptkp kawin anak 1 ptkp pertahun tahun 2016-sekarang adalah berapa penghasilan kena pajak 2020 jumlah ptkp k1 untuk ptkp 2016 berdasarkan ketentuan adalah status pajak k2 artinya tarif pph 21 terbaru ptkp dan tarif pajak ptkp tidak kena pajak permenkeu 101 tahun 2020 tabel norma pajak 2019 sebutkan besarnya ptkp 2016 pph pasal 21 tahun 2020 batas penghasilan kena pajak tabel tarif pajak penghasilan pengertian penghasilan tidak kena pajak penghasilan tidak kena pajak 2018 nomor yg naik hari ini penghasilan tidak kena pajak 2016 ptkp k2 tahun 2019 besaran penghasilan tidak kena pajak peraturan pajak terbaru 2019 tabel pph plus pdf arti kode mt pada setting pajak adalah nomor naik hari ini ptkp kawin anak 2 ptkp wajib pajak orang pribadi berapa ptkp k2 untuk tahun 2016 uu pph terbaru 2019 penghasilan tidak kena pajak tk tarif ptkp orang pribadi tarif pajak penghasilan 2020 contoh penghasilan tidak kena pajak tarif pajak penghasilan 2019 jelaskan penghasilan tidak kena pajak ptkp terbaru pph 21 ptkp wajib pajak pribadi peraturan pajak terbaru 2018 pmk 101 tahun 2016 nomor yang naik hari ini download perhitungan pph 21 excel 2019 cara menghitung ptkp 2019 ptkp tk 0 2019 sebutkan beberapa ptkp yang berlaku di tahun 2017 pmk no 101 tahun 2020 pdf tarif pph pasal 21 tahun 2020 penghasilan tidak kena pajak tahun 2019 apa itu penghasilan tidak kena pajak tarif pph 21 2018 ptkp kawin anak 3 ptkp sesuai daftar tanggungan penghasilan tidak kena pajak tahun 2020 ptkp penghasilan tidak kena pajak 2017 ke 2020 berapa tahun nomor berapa naik hari ini berapa penghasilan tidak kena pajak ptkp 2015 sampai 2019 apa itu penghasilan tidak kena pajak tk k k/i arti penghasilan tidak kena pajak tk k k/i tarif pajak tahun 2019 ptkp perbulan tahun 2016-sekarang adalah pmk no 101 tahun 2020 tarif pajak pph 21 tahun 2020 apa yang dimaksud dengan ptkp aturan pajak penghasilan terbaru tabel gaji pns 2019 pdf download tabel gaji pns 2019 pdf tarif ptkp tahun 2019 nominal ptkp pph pasal 21 kawin ptkp menanggung orang tua perhitungan pph 21 karyawan baru pertengahan tahun tarif penghasilan kena pajak perhitungan penghasilan tidak kena pajak penghasilan yang tidak kena pajak tabel pajak pph 21 tarif ptkp bagi pekerja yang belum kawin adalah ok google kepanjangan dari ptkp adalah pendapatan yang tidak kena pajak batas penghasilan tidak kena pajak tarif pph pasal 21 arti tk dalam pajak aturan pajak terbaru 2020 tarif pajak pph 21 terbaru berapa penghasilan kena pajak penghasilan tidak kena pajak k/1 ptkp kawin 2 anak ptkp status kawin anak 1 ptkp tk k k/i besarnya ptkp terbaru terakhir disesuaikan berdasarkan peraturan tabel besaran p* dan k* tarif penghasilan kena pajak 2020 penghasilan kena pajak tahun 2019 berapa ptkp wajib pajak 2018 ke 2020 berapa tahun pph 21 tarif 2020 peraturan pph 21 terbaru 2020 tarif pajak perorangan 2020 arti ptkp dalam pajak peraturan pajak tahun 2020 minimal penghasilan kena pajak penghasilan tidak kena pajak (ptkp) peraturan pph 21 terbaru tarif progresif pph 21 perhitungan pph 21 tidak setahun penuh perhitungan pph 21 terbaru excel ptkp suami istri digabung tabel gaji pns 2020 pdf tabel gaji pns 2017 pdf ptkp untuk k/1/2 adalah tarif pph 21 tahun 2016 ptkp tahun 2016 * penghasilan tidak kena pajak adalah …. * ok google berdasarkan tabel besar ptkp dengan status k/1 tarif pph 21 terbaru 2020 sebutkan besarnya ptkp untuk tahun pajak 2016 2016 ke 2020 berapa tahun cara menghitung ptkp 2016 perbedaan ptkp dan pkp pmk. norma indeks 2020 sebutkan tarif pajak penghasilan tarif pajak pribadi 2020 tarif pajak pph 21 2020 tarif pajak penghasilan terbaru jumlah penghasilan tidak kena pajak download perhitungan pph 21 terbaru excel 2018 apa yang dimaksud ptkp pajak penghasilan tidak kena pajak uu pph 21 terbaru cara menghitung pajak 10 persen di excel aturan pph 21 terbaru perhitungan pph 21 pkp diatas 50 juta pph pasal 21 pdf peraturan pajak pph 21 terbaru tarif pajak pph 21 besar penghasilan kena pajak tabel gaji pns 2018 pdf apa itu apa itu apa itu apa itu arti k/0 dalam pajak penghasilan kena pajak adalah penghasilan tidak kena pajak tk k ptkp kawin 3 anak ptkp suami istri bekerja tabel 3 angka 2020 tabel pph pasal 21 ptkp tidak kawin 2020 pendapatan tidak kena pajak tahun 2020 penghasilan kena pajak tk k k/i tabel tarif progresif pph 21 batas penghasilan tidak kena pajak 2020 untuk saat ini 2016 101 pmk 010 tahun 2016 nominal ptkp pph pasal 21 kawin + 1 anak ptkp untuk wajib pajak pribadi tk k ki pajak berapa penghasilan kena pajak tahun 2019 nominal ptkp pph pasal 21 kawin anak 1 penghasilan tidak kena pajak tk kk i tarif terbaru status ptkp dengan kode tk/1 adalah berikut yang merupakan besarnya ptkp pribadi yaitu cara menghitung besarnya ptkp download pmk 101 tahun 2020 pdf penghasilan tidak kena pajak k2 pkp dan ptkp adalah status penghasilan tidak kena pajak kawin anak 2 ptkp ptkp 2019 kawin anak 2 pmk nomor 101 tahun 2020 pmk 101 tahun 2016 pdf tarif pph 21 karyawan 2020 contoh soal menghitung ptkp pph pasal 21 2020 tabel kenaikan gaji pns 2020 tarif pph 21 2016 no naik hari ini tarif pph 21 tahun 2019 penghasilan tidak kena pajak pph 21 peraturan pajak terbaru pph 21 pph 21 tahun 2020 perhitungan pph 21 2020 kode faktur pajak 010 artinya yang termasuk tanggungan ptkp tabel perhitungan pph 21 kode klu pajak 2019 pdf norma indeks 2020 pdf berapakah besarnya ptkp untuk wajib pajak orang pribadi kode klu pajak 2020 pdf download pdf versi terbaru download perhitungan pph 21 terbaru excel 2019 download tabel pembagian pdf pph pasal 21 tahun 2019 pt kp indonesia bandung tabel gaji pns 2016 pdf perhitungan pph 21 karyawan masuk pertengahan tahun perhitungan pph 21 untuk karyawan yang masuk pertengahan tahun tabel gaji pegawai pajak tarif pph pasal 21 terbaru pmk 50 2020 pdf lapisan tarif pph 21 perhitungan tarif pph 21 perhitungan pph 21 2019 excel perhitungan pph 21 tarif progresif ketentuan pph 21 terbaru tarif progresif pph pasal 21 tabel gaji pns 2015 excel dasar hukum pph 21 kenapa pendapatan tidak kena pajak itu perlu pph 21 berapa persen brp persen pajak penghasilan download rumus perhitungan pph 21 excel jelaskan pengertian pph pasal 21 sebutkan dasar hukum pajak penghasilan pph pasal 21 download tabel gaji pns 2019 excel cara membuat m2 di excel tabel gaji pns 2019 excel cara menghitung ptkp 2018 download tabel gaji pns 2020 persentase pph pasal 21 pmk 207 tahun 2015 berapa angka keluar hari ini gaji minimum kena pajak 2019 status perpajakan kk hb ph mt cara menghitung penghasilan tidak kena pajak