Berapa Lama Masa Aktif Kartu NPWP? Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali NPWP?

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali NPWP

Berapa Lama Masa Aktif Kartu NPWP? Setiap kartu Administratif yang Anda punya memiliki masa aktif masing-masing. Misalkan saja SIM yang memiliki masa aktif 5 Tahun. KTP yang memiliki masa aktif 5 Tahun. ATM yang memiliki masa aktif 10 hingga 25 Tahun. STNK yang memiliki masa aktif 1 Tahun. Dan masih banyak contoh yang lain. Dan ketika masa aktif tersebut telah daluarsa, maka Anda harus melakukan perpanjangan. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui masa aktif setiap kartu Administratif yang Anda punya. Bagaimana dengan kartu NPWP?


Masa Aktif Kartu NPWP

Kartu NPWP layaknya kartu Administratif yang lainnya. Fungsinya sebagai tanda pengenal atas transaksi perpajakan Anda. Yang membedakan kartu NPWP dengan kartu Administratif yang lain adalah masa aktifnya. Masa aktif kartu NPWP adalah seumur hidup. Maksudnya adalah ketika Kartu NPWP sudah tercetak, maka kartu tersebut dapat Anda gunakan sampai Anda tidak membutuhkannya lagi.

Walaupun Masa aktif kartu NPWP adalah seumur hidup, bukan berarti kartu NPWP Anda tidak bisa diubah datanya. Selama kartu NPWP Anda masih aktif, Anda dapat melakukan perubahan data atas NPWP tersebut kapan saja dan di kantor pajak mana saja. Selain itu, Anda pun dapat melakukan cetak ulang kartu NPWP yang hilang tanpa melakukan pendaftaran NPWP kembali.

Namun perlu Anda perhatikan, jika dalam kurun waktu tertentu Anda tidak melakukan kewajiban perpajakan, maka bisa saja kantor pajak melakukan pembekuan nomor NPWP (menonaktifkan NPWP) atau bisa juga kantor pajak melakukan penghapusan atas kartu NPWP yang Anda miliki. Agar hal ini tidak terjadi, maka selalu penuhi kewajiban perpajakan Anda, sehingga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan kartu NPWP, Anda tidak perlu kebingungan mengurusnya kembali.


Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali NPWP?

Jika NPWP Anda berstatus nonaktif atau bisa disebut non efektif ( NPWP NE ), maka yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan kembali NPWP Anda. Cara mengaktifkan kembali NPWP sangat lah mudah, Anda tinggal melakukan permohonan pengaktifan kembali NPWP. Isilah Formulir Permohonan Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif  kemudian sampaikan ke kantor pajak tempat Anda terdaftar.

Formulir Permohonan Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif sudah tersedia di kantor pajak. Atau Anda bisa download Formulir Permohonan Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif di bawah ini

35 Komentar untuk "Berapa Lama Masa Aktif Kartu NPWP? Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali NPWP?"

  1. madafaka sucker bitch

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa nya yang sopan dong,, gimana sih

      Hapus
  2. iya... saya ngak pernah melapaorkan NPWP, penghasilan masih UMR

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya lapor saja, bisa lapor nihil jika dibawah UMR

      Hapus
  3. Selamat Pagi..Saya mau bertanya dong, saya sudah mempunyai NPWP kurang dari 1th. Di perusahaan saya bekerja tidak dibayarkan untuk PPH21, langkah apa yang harus saya lakukan demi permohonan wajib lapor pajak.
    Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. darimana bapak tahu perusahaan tidak bayar pph pasal 21 nya?
      perusahaan wajib melalakukan pembayaran dan pelaporan pph 21 jika memiliki karyawan

      Hapus
    2. klo dr perusahaannya tidak memnerbitkan A1 / A2 y gmn cr lapor y? krn tidak semua karyawan diterbitkan A1/A2 hanya separuhnya saja

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Punya npwp udah sekitar 7 bln tapi belum d setorkan k perusahaan apakah hangus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak hangus, namun bisa saja tidak aktif npwp nya. silahkan cek ke kantor pajak terdekat

      Hapus
    2. untuk pengaktifan NPWP yang telah tidak terdaftar lagi..apa harus bikin baru.prosesnya bagaimana

      Hapus
  6. Sudah punya npwp tapi tidak bekerja dikarenakan sakit selama 6 bulan, apakah kena pajak? Npwpnya msh aktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pajak karyawan dipotong perusahaan, jadi kalau tidak kerja ya tidak dipotong. Untuk npwp seharusnya masih aktif

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Selamat malam, saya mau tanya kenapa status PPh saya non NPWP ??

    BalasHapus
  10. Cara mengecek NPWP masih aktif atau enggak, caranya bagaimana. Terimakasih

    BalasHapus
  11. Kalo penghasilan kadang 3 jt sebulan

    Kadang kalo ada rejeki bisa 6jt an

    Bagai mana cara menghitungnya.?

    Npwp sudah ga kerja lagi sejak 2011

    Npwp dulu yg bikinin kantor soalnya

    Gimana cara ngitungnya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pemilik usaha, pajaknya 1% dari omzet, jadi disesuaikan dg penghasilan bulan tersebut pak

      Hapus
  12. Emang kalau g bayar Pajak hukuman nya apa ya?? heheheheheee

    BalasHapus
  13. ganti alamat npwp ribet ya ,kantor pajaknya lama layaninnya, masa minta tanda tanngan atasannya gak ada

    BalasHapus
  14. NPWP saya tidak pernah digunakan karena gaji saya sebagai guru honorer kurang dr 500rb/bln.dlu saya bikin kolektif dr sekolah. Katanya setiap tahunnya hrs diaktivasi k kantor pajak. Sedangkan saya tdk prnah menggunakannya. Apakah tdk apa2 jika tdk mengaktivasinya stiap Thun?

    BalasHapus
  15. Sy sdh lama mengundurkan diri dr t4 sy bekerja trs krtu npwp sy tdk tau di simpan d mna.yg sy mau tny apa krtu npwp sy itu msh aktif atau tdk krn sy sdh tdk bekerja lg.

    BalasHapus
  16. Npwp sya sdh lma hilang bertahun tahun tdk sya urus.sampai sya pindah prusahaan.saya mau urus skrg bgaimana caranya dn syaratnya apa sja.

    BalasHapus
  17. Apa bisa saya urus lewat online tp sya tdak paham cara mengisi data online.krn saya terhalang waktu buat dtg di kantor pajak.bgaimana solusinya.

    BalasHapus
  18. Pernah ada npwp th 2010 karna blm ada penghsilan sy biarkn aja hingga skrg dan kartu nya hilang,apabila kartu npwp ingin dibuat ataubdicetak ulang apa bener akan ada denda dari th 2010-2018 makasih pembeeitayan nya

    BalasHapus
  19. mengaktivkan npwp.apakah harus dibayar 1 tahun atau 1bulan saja agar aktiv kembali.total tagihan perbulannya 30 rubuan.trmksh.

    BalasHapus
  20. Izin bertanya, kalau kita punya npwp tp sudah tidak bekerja, apakah tetap membayar pajak? Atau bagaimana?

    BalasHapus
  21. Apakah npwp bisa diaktifkan kembali secara online, tanpa harus ke kantor pajak lagi ?

    BalasHapus
  22. Saya dapat surat dari kantor pajak, denda 100.000 batasnya denda sampai juni. Tapi saya baru dapat suratnya beberapa hari yang lalu. Jadi bagaimana tu. Saya lupa lapor pajak

    BalasHapus
  23. Pengaktifan Kembali Wajib Pajak Non Efektif kemudian sampaikan ke kantor pajak tempat Anda terdaftar. kalau mengurusnya ke kantor pajak berbeda dengan dulu mendaftar pertama kali, bisa ngga ya? mohon penjelasannya. makasih

    BalasHapus
  24. maaf pak kenapa NPWP saya tidak aktif saat saya ingin mengatifkan DPJONLINE dan sudah memasukkan EFIN namun hasilnya NPWP anda NON aktif .mohon bantuannya

    BalasHapus
  25. maaf mau tanya saya dapat surat teguran Npwp apa yang sebelumnya dapet surat denda 100.000 mohon infonya harus gimana ya?

    BalasHapus
  26. Maaf z mw tanya, z ad npwpku namun z lupa untuk lapor SPT bln Maret kmrin, apkh msh bsa z kolp SPT skrag n apkh sdah dikenakan denda?

    BalasHapus
  27. Maaf saya mau tanya kenapa NPWP
    Saya tidak valid,apa harus bkin lagi atw gimana

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel