Biaya Membuat Kartu NPWP 2019

Biaya Membuat Kartu NPWP

Sebuah budaya yang terbentuk dalam masyarakat Indonesia ketika berurusan dengan birokrasi pemerintahan adalah soal biaya. Biaya ini biaya itu harus Anda keluarkan untuk mendapatkan fasilitas atau layanan dari pemerintah. Tidak hanya di pemerintahan, untuk hal-hal terkait dengan regulasi yang berlaku di perusahaan swasta pun kita sudah terbiasa dengan biaya-biaya.

Apakah pengalaman terakhir Anda berurusan dengan birokrasi pemerintah? Ketika mengurus KTP? Mengurus SIM? Mengurus ijin usaha? Bagaimana pengalaman Anda dalam pengurusannya? Apakah di setiap lini atas prosedur pengurusan tersebut Anda mengeluarkan biaya? Tenang! Saya pun memiliki pengalaman yang sama. Intinya jika harus berurusan dengan birokrasi pemerintaha maka harus siap-siap dengan biaya-biaya. Namun bagaimana dengan biaya pembuatan NPWP ?



Biaya Membuat Kartu NPWP

Budaya mengeluarkan biaya memang sudah melekat di masyarakat dan tidak bisa dipungkiri jika tidak semua biaya itu bersifat legal. Yang artinya ada biaya-biaya yang tidak seharusnya ada namun diada-ada. Termasuk juga dengan biaya pembuatan NPWP. Berapa biaya pembuatan NPWP menurut Anda? Mungkin Anda pernah dengar dari rekan Anda yang kebetulan pernah mengurus NPWP. Atau mungkin Anda pernah ditawari oleh seseorang untuk menguruskan NPWP.

Berapa angka nominal yang sering Anda dengar? Rp 50.000? Rp 100.000? Rp 500.000? Atau Rp 1 Juta? Biaya-biaya tersebut tidak ada yang salah. Jika Anda mengurus NPWP melalui pihak lain entah itu notaris, konsultan keuangan, atau konsultan pajak tentu saja mereka memberikan tarif atas jasa yang mereka berikan.

Namun bagaimana jika Anda sendiri yang mengurus? Jadi, biaya mengurus NPWP sendiri adalah gratis. Baik yang dilakukan secara manual maupun secara online. Kantor pajak tidak mengenakan biaya atas jasa pembuatan NPWP.

Biaya ini juga tidak berlaku ketika Anda mengurus secara online. Jika Anda membuat NPWP secara online, maka kartu NPWP akan dikirim ke alamat yang Anda gunakan saat mendaftar, dan biaya atas pengiriman kartu NPWP ini adalah gratis. Kantor pajak sama sekali tidak memungut biaya atas proses pembuatan NPWP.

Mengapa Saya Bayar Saat Buat NPWP di Kantor Pajak?

Ada beberapa pembaca website ini menanyakan mengapa mereka membayar sejumlah uang saat pembuatan NPWP. Katanya gratis kok bayar? Nah untuk menjawab hal ini perlu melihat beberapa hal juga. Mari kita bahas!

Bapak atau Ibu buat NPWP datang langsung ke kantor atas diwakilkan?

Jika Anda buat NPWP nya diwakilkan ke orang lain maka bisa dipastikan bahwa uang yang Anda keluarkan saat pembuatan NPWP adalah biaya untuk orang tersebut, bukan uang untuk administrasi pembuatan NPWP.

Saya datang sendiri namun tetap bayar, kenapa?

Jika Anda sudah datang sendiri dan saat di kantor pajak diminta untuk membayar sejumlah uang, maka silahkan tanyakan "ini untuk apa". Karena dibeberapa kantor pajak menerapkan aturan untuk langsung melakukan pembayaran pajak.

Anda membuat NPWP bukan hanya untuk urusan kredit bank saja. Anda memiliki NPWP maka Anda dengan sadar akan membayar pajak atas penghasilan Anda. Nah, ini yang sering orang salah paham. Banyak yang tidak tahu bahwa setelah buat NPWP maka Anda punya kewajiban membayar pajak atas penghasilan Anda.

Terkait berapa pajak yang harus Anda bayarpun harus Anda pahami. Pajak itu dihitung dari berapa penghasilan Anda. Semakin besar penghasilan maka semakin besar juga pajak yang harus Anda bayarkan. Ada yang per bulan bayar pajak Rp 10.000 , Rp 1.000.000, bahkan Rp 1 Milyar per bulan pun ada.

Metode pembayarannya pun berbebeda-beda. Untuk karyawan pajaknya sudah dipotong oleh bendahara. Sementara jika Anda punya Usaha, maka pajaknya harus Anda bayar sendiri. Semoga cukup jelas sampai di sini.

68 Komentar untuk "Biaya Membuat Kartu NPWP 2019"

  1. Balasan
    1. Betul...bikin npwp gratis...tp daftar lewat online ada saja gagalnya...memang brekele

      Hapus
    2. Apakah bisa buat npwp untuk yg melamar kerja?

      Hapus
  2. saya dafatar sudah di terima no npwp juga sudah ada, tetapi npwp belum juga saya terima padahal sudah 4 minggu
    ini solusinya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa datang langsung ke kantor pajak untuk dicetak ulang npwp nya

      Hapus
  3. Kalau bikin di online paling lama pengirimannya berapa lama kartu NPWP nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa nya si 7 hari kerja mas

      Hapus
    2. Biasa nya kartu npwp diambil sendiri ke kantor apa gmana y?

      Hapus
    3. Dikirim ke alamat sesuai ktp

      Hapus
  4. Klo membuat npwp atas nama ortu terus anak nya yg ngurus k kantor pajak nya bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak bisa, harus orangnya sendiri yang dateng nanti mungkin bisa didampingi atau bikin online aja

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Maaf mau tanya. Gaji saya 2,2 jt/ bln. Apa saya bisa membuat npwp? Dan brapa nominal pajak yg harus saya bayar. Thnk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Untuk karyawan pajaknya sudah dipotong oleh pemberi kerja

      Hapus
  6. Maaf mau tanya. Gaji saya 2,2 jt/ bln. Apa saya bisa membuat npwp? Dan brapa nominal pajak yg harus saya bayar. Thnk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Untuk karyawan pajaknya sudah dipotong dan dibayarkan oleh kantor

      Hapus
  7. GrAtis dari mannya pembuatan npwp???
    Saya buat tgl 9-1-2018 saya kena 100 ribu, katanya untuk pembayaran pajak pertama untuk seluruh pendaftaran npwp, katanya lagi setiap kantor pajak beda2 tarif ny,
    Saya urus pembuatan npwp di payakumbuh, sumatera barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk usahawan tarif pajak sesuai dengan PP46 adalah 1% setiap bulan dari omzet,biaya tsb (kemungkinan) adalah tarif pajak dari omzet bapak bulan sebelumnya

      Untuk karyawan pembayaran pajaknya telah di bayarkan oleh kantor(perusahaan)

      Untuk kartu npwp tetap gratis di seluruh indonesia

      Hapus
    2. Sy mngurus npwp bulan september malah di suruh bayar dr januari sampai september 2018,baru npwpnya bisa kluar katanya di hitung mundur, apakah memang bgitu aturanya? Mohon penjelasanya

      Hapus
    3. iya pak sudah saya tanya kayak gitu, knapa tidak sesuai dengan penghasilan saya?? kata petugasnya,, semua yang ngurus NPWP per orangan atau badan usaha di kenakan bayar uang 100.000 untuk setoran awal katanya, baik omset atau penghasilannya 1.000.000 atau 1.000.000.000 tetap membayar 100.000
      aneh kan pak?? dan saya mau tanya tempat pengaduan untuk petugas2 nakal kantor pajak ini kemana ya??? padahal di dalam kantor nya, banyak sekali poster2 anti korupsi,, anti grativikasi,, bekerja bersih.
      beda sama capil, PLN, dan samsat di daerah payakumbuh sudah sangat bebas dari praktek pungli, ataupun calo,
      niat mau setor uang buat negara… eeeeeee liat caranya g jelas kayak gini, jadi enggan kita.

      Hapus
  8. Saya mengajukan pembuatan NPWP di Bandung karena domisili sudah di Bandung, tapi ternyata saya sudah terdaftar NPWP waktu masih domisili di Jakarta ( sekitar th 2004-2005 ) . Nah apakah NPWP tersebut masih bisa dipake meskipun saya domisli di Bandung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, jika ingin alamat ganti tinggal mengurus pindah saja ke kantor jakarta

      Hapus
  9. Tadi barusan teman disuruh bayar ke bank Rp 20.000,- katanya untuk biaya pembuatan NPWP pribadi, katanya pembuatan kartu NPWP itu gratis? Kok jadi ada biaya, dulu saya buat kartu NPWP itu gratis, skrg KPP Pratama memungut biaya pembuatan kartu NPWP ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembuatan npwp tetap gratis dikantor mana saja diseluruh Indonesia, mungkin bisa di konfirmasi pembayarannya untuk pembayaran apa

      Hapus
  10. Saya sudah menerima email Bahwasanya Npwp Saya sudah siap..dan di antar ke tempat..namun belum saya terima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan tunggu, nanti akan dikirim ke alamat sesuai KTP, jika belum silahkan tunggu 1 bulan setelah tanggal terdaftar kemudian minta tolong cetak ulang ke kantor pajak terdekat di seluruh indonesia

      Hapus
  11. Saya 2 kali ditolak ketika mrndaftar secara online, dengan keterangan alamat tinggal tidak jelas, padahal saya menulis di kolom sewaktu daftar sesuai yg tertera di ktp, tolong solusinya

    BalasHapus
  12. Saya suadh beres membuat tinggal menerima kartu nya, kira kira berapa hari bisa saya dapatkan

    BalasHapus
  13. Mohon infonya, jika saya daftar NPWP secara Online, Apa saya bisa langsung menerima nomor NPWP yang dapat digunakan? Terimakasih

    BalasHapus
  14. Mau tanya. Saya sudah memiliki NPWP. Katanya harus bikin ulang di 2018?

    BalasHapus
  15. Maaf saya mau nanya gmn cara yang untuk bikin npwp onlein

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. saya membuat NPWP untuk melamar pekerjaan,jadi saya mengisi kolom sumber penghasilan dengan hibah. lalu bagaimana dengan kolom jumlah tanggungan? sementara kalo daftar NPWP online, semua kolom harus terisi. solusinya apa ya?

    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  18. selamat siang, saya ingin bertanya..
    saya baru melakukan ereg npwp online dan berhasil, bagaimana saya mendapatkan kartu npwp jika saya sedang di luar kota untuk waktu yg agak lama?
    mohon infonya, Terima Kasih

    BalasHapus
  19. Slmt siang maaf mau tanya. Saya kemarin mengurus NPWP tp kq di kenakan tarif 140rb/1% katanya buat Pjak yg bln juni. Kalau bln berikut cuma 1/2%. Mohon infonya. Trimksih

    BalasHapus
  20. Apakah ada aplikasinya cara pembuatan npwp online.. Mihon jawabanya..

    BalasHapus
  21. Saya tadi barusan daftar npwp juga kena biaya 100 rb ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda membuat NPWP bukan hanya untuk urusan kredit bank saja. Anda memiliki NPWP maka Anda dengan sadar akan membayar pajak atas penghasilan Anda. Nah, ini yang sering orang salah paham. Banyak yang tidak tahu bahwa setelah buat NPWP maka Anda punya kewajiban membayar pajak atas penghasilan Anda.

      Terkait berapa pajak yang harus Anda bayarpun harus Anda pahami. Pajak itu dihitung dari berapa penghasilan Anda. Semakin besar penghasilan maka semakin besar juga pajak yang harus Anda bayarkan. Ada yang per bulan bayar pajak Rp 10.000 , Rp 1.000.000, bahkan Rp 1 Milyar per bulan pun ada.

      Hapus
  22. Mau nanya..klw blm kerja,tpi harus ngurus Npwp buat syarat Tertentu..bisa gak ya?smntara kita gk kerja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja jika memang sudah diterima bekerja

      Hapus
  23. suda daftar NPWP sukses cara lihatnya gmana ya kok ga ada bukti untuk lihat bahwa sudah daftar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat email balasan jika permohonan NPWP diterima

      Hapus
  24. didaerah kab.tuban jatim kok dikenakan biaya lsg tahun pertama ya...mohon diusut,, ada yg kena 400rb ada yg kena 75rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan biaya pembuatan NPWP. Uang yang dikeluarkan saat pertama membuat NPWP biasanya adalah untuk pembayaran pajak untuk bulan2 sebelumnya

      Hapus
  25. Saya sudh cetak npwp online!! Tapi saya bingung & gk ngerti yg di maksud kirimn ( melampiran surat pengantar dokumen) gmn caranya, tolong minta info & arahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya, untuk lampiran pembuatan NPWP online berupa fotokopi KTP memilih untuk dikirim ke kantor pajak. Saran kami lebih baik pilih opsi unggah/upload

      Hapus
  26. Saya susah daftar di online sudah masuk pesan npwp akan dikirim ke alamat tujuan saya tpi sampe sekarang belum datang kerumah saya sudah 1 minggu yg lalu..... mohon di bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. SUdah terima email balasan yang berisikan nomor NPWP?

      Hapus
    2. Sudah bu.. Tapi belum di kirim file kartu buat pengambilannya

      Hapus
  27. Sya mau urus punya orang lain bisa ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika karyawan bisa dan harus pakai surat kuasa. Namun untuk npwp yang punya usaha tidak bisa diwakilkan

      Hapus
  28. Saya baru daptar NPWP katanya selesai dalam sehari dan katanya gratis eh ternyata masih besok dan juga d kenakan biaya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya atas apa kalau boleh tau? Buat NPWP gratis tidak ada biaya. Kalaupun bayar pas di kantor pajak maka itu bukan biaya pembuatan NPWP, namun pembayaran pajak atas penghasilan

      Hapus
    2. Anda membuat NPWP bukan hanya untuk urusan kredit bank saja. Anda memiliki NPWP maka Anda dengan sadar akan membayar pajak atas penghasilan Anda. Nah, ini yang sering orang salah paham. Banyak yang tidak tahu bahwa setelah buat NPWP maka Anda punya kewajiban membayar pajak atas penghasilan Anda.

      Terkait berapa pajak yang harus Anda bayarpun harus Anda pahami. Pajak itu dihitung dari berapa penghasilan Anda. Semakin besar penghasilan maka semakin besar juga pajak yang harus Anda bayarkan. Ada yang per bulan bayar pajak Rp 10.000 , Rp 1.000.000, bahkan Rp 1 Milyar per bulan pun ada.

      Hapus
  29. Bikin npwp pribadi Saya bayar 50 ribu ke bank bjb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya buat npwp gratis pak/bu. Kalau nitip ke bank bukan untuk biaya buat npwp, tapi mungkin untuk uang jasa bikinin npwp

      Hapus
    2. klo bahasanya uang jasa sama dengan pungli.

      Hapus
  30. Kalo buat npwp untuk organisasi apa saja syaratnya

    BalasHapus
  31. Gimana yaa saya mau daftar online tp alamat tempat tinggal berdasarkan ktp tidak ada dipencarian.. Bagaimana solusinyaa

    BalasHapus
  32. Apa bisa ambil sendiri ke kantor pajak nya?

    BalasHapus
  33. Kalau numpang bikin npwp di daerah tempat kerja bisa gak ya?soalnya saya perantau

    BalasHapus
  34. Saya buat NPWP Online sebulan yang lalu belum di antarkan ke tempat saya..
    Tolong cek NPWP saya sudah jadi apakah belum yah.. Atas nama HALIM NIK KTP : 3603112106960005

    BalasHapus
  35. jika sedang krj di luar negri bagaimana cara membuat kartu NPWP terimakasih admins mohon petunjuknya

    BalasHapus
  36. terima kasih banyak
    saya mau tanya kalau e-KTP saya hilang, tapi photo copy ada gimana ???

    BalasHapus
  37. minggu lalu saya di tolak di npwp online, alasannya pengajuan npwp online hanya untuk karyawan. apa memang seperti itu peraturannya?

    BalasHapus
  38. mba , saya daftar sudah lama.nomornya sudah keluar .dari situs onlinenya juga bilang bukti fisik di kirim ke alamat tpi kok belum di kirim?
    kalo saya cetak di luar dari tempat mendaftar saya apakah bisa ? apa saja syaratnya? berhubung npwp saya tidak pernah di cetak

    BalasHapus
  39. Kalau mau bikin npwp gitu pake slip gaji kah ? .

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel