Biaya Membuat Kartu NPWP

Sebuah budaya yang terbentuk dalam masyarakat Indonesia ketika berurusan dengan birokrasi pemerintahan adalah soal biaya. Biaya ini biaya itu harus Anda keluarkan untuk mendapatkan fasilitas atau layanan dari pemerintah. Tidak hanya di pemerintahan, untuk hal-hal terkait dengan regulasi yang berlaku di perusahaan swasta pun kita sudah terbiasa dengan biaya-biaya.

Apakah pengalaman terakhir Anda berurusan dengan birokrasi pemerintah? Ketika mengurus KTP? Mengurus SIM? Mengurus ijin usaha? Bagaimana pengalaman Anda dalam pengurusannya? Apakah di setiap lini atas prosedur pengurusan tersebut Anda mengeluarkan biaya? Tenang! Saya pun memiliki pengalaman yang sama. Intinya jika harus berurusan dengan birokrasi pemerintaha maka harus siap-siap dengan biaya-biaya. Namun bagaimana dengan biaya pembuatan NPWP ?


Biaya Membuat Kartu NPWP

Budaya mengeluarkan biaya memang sudah melekat di masyarakat dan tidak bisa dipungkiri jika tidak semua biaya itu bersifat legal. Yang artinya ada biaya-biaya yang tidak seharusnya ada namun diada-ada. Termasuk juga dengan biaya pembuatan NPWP. Berapa biaya pembuatan NPWP menurut Anda? Mungkin Anda pernah dengar dari rekan Anda yang kebetulan pernah mengurus NPWP. Atau mungkin Anda pernah ditawari oleh seseorang untuk menguruskan NPWP.

Berapa angka nominal yang sering Anda dengar? Rp 50.000? Rp 100.000? Rp 500.000? Atau Rp 1 Juta? Biaya-biaya tersebut tidak ada yang salah. Jika Anda mengurus NPWP melalui pihak lain entah itu notaris, konsultan keuangan, atau konsultan pajak tentu saja mereka memberikan tarif atas jasa yang mereka berikan.

Namun bagaimana jika Anda sendiri yang mengurus? Jadi, biaya mengurus NPWP sendiri adalah gratis. Baik yang dilakukan secara manual maupun secara online. Kantor pajak tidak mengenakan biaya atas jasa pembuatan NPWP.

Biaya ini juga tidak berlaku ketika Anda mengurus secara online. Jika Anda membuat NPWP secara online, maka kartu NPWP akan dikirim ke alamat yang Anda gunakan saat mendaftar, dan biaya atas pengiriman kartu NPWP ini adalah gratis. Kantor pajak sama sekali tidak memungut biaya atas proses pembuatan NPWP.

12 comments

saya dafatar sudah di terima no npwp juga sudah ada, tetapi npwp belum juga saya terima padahal sudah 4 minggu
ini solusinya gimana ya?

bisa datang langsung ke kantor pajak untuk dicetak ulang npwp nya

Kalau bikin di online paling lama pengirimannya berapa lama kartu NPWP nya

biasa nya si 7 hari kerja mas

Klo membuat npwp atas nama ortu terus anak nya yg ngurus k kantor pajak nya bisa ga?

Maaf mau tanya. Gaji saya 2,2 jt/ bln. Apa saya bisa membuat npwp? Dan brapa nominal pajak yg harus saya bayar. Thnk

Maaf mau tanya. Gaji saya 2,2 jt/ bln. Apa saya bisa membuat npwp? Dan brapa nominal pajak yg harus saya bayar. Thnk

Biasa nya kartu npwp diambil sendiri ke kantor apa gmana y?

GrAtis dari mannya pembuatan npwp???
Saya buat tgl 9-1-2018 saya kena 100 ribu, katanya untuk pembayaran pajak pertama untuk seluruh pendaftaran npwp, katanya lagi setiap kantor pajak beda2 tarif ny,
Saya urus pembuatan npwp di payakumbuh, sumatera barat

Saya mengajukan pembuatan NPWP di Bandung karena domisili sudah di Bandung, tapi ternyata saya sudah terdaftar NPWP waktu masih domisili di Jakarta ( sekitar th 2004-2005 ) . Nah apakah NPWP tersebut masih bisa dipake meskipun saya domisli di Bandung?

PERINGATAN!!!
Jangan menuliskan nomor NPWP Anda pada kolom komentar. Gunakan bahasa yang sopan untuk bertanya terkait dengan kartu NPWP Anda. Terima Kasih
EmoticonEmoticon