Pengertian NPWP dan Kewajiban Setelah Memilikinya

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah kartu identitas yang diberikan kantor pajak kepada masyarakat sebagai pembayar pajak. Istilah untuk menyebut pembayar pajak adalah Wajib Pajak atau biasa disebut WP. NPWP memiliki fungsi penting bagi Anda, terutama bagi yang sudah bekerja. Karena semua hal yang berkaitan dengan penghasilan dan transaksi keuangan memiliki unsur pajak. Untuk itu mari kita pelajari apa itu NPWP.



Mengenal NPWP

NPWP dapat dikatakan sebagai kartu identitas perpajakan. Agar nama Anda atau nama perusahaan Anda dikenali sebagai pembayar pajak maka perlu bagi Anda untuk mendaftarkan identitas Anda ke kantor pajak. Dengan memiliki kartu NPWP, setiap transaksi keuangan yang memerlukan pembayaran pajak akan tercatat ke dalam identitas NPWP Anda. Selain untuk administrasi pajak, NPWP juga berfungsi untuk keperluan admnistrasi di bidang lain, sebagai contoh adalah untuk proses peminjaman kredit bank. (Fungsi Utama Kartu NPWP)

Setelah memiliki kartu NPWP, Anda diwajibkan untuk melakukan pelaporan pajak secara bulanan maupun tahunan. Pelaporan ini terkait dengan pembayaran pajak yang Anda lakukan. Itu lah mengapa kantor pajak hanya memberikan kartu NPWP kepada mereka yang sudah berpenghasilan. Karena untuk yang belum memiliki penghasilan namun memaksakan diri untuk memiliki NPWP, yang terjadi adalah ketidakefisienan. Jika seseorang belum berpenghasilan, otomatis tidak ada pajak yang harus dia bayar. Bagi yang bersangkutan malah akan terbebani kewajiban untuk laporan nihil setiap tahunnya. Sementara bagi kantor pajak hal ini tentu hanya membua tambahan pekerjaan administrasi. Untuk itu, bagi Anda yang belum bekerja sebaiknya tidak perlu membuat kartu NPWP.

Bayar NPWP

Ada sedikit kekeliruan dalam pemahaman orang ketika sudah memiliki kartu NPWP. Kebanyakan beranggapan setelah memiliki kartu NPWP selanjutnya diharuskan membayar atas kartu NPWP tersebut. Yang benar adalah, Anda sebagai pemegang kartu NPWP tidak membayar kartu tersebut melainkan membayar pajak menggunakan kartu tersebut. Tidak ada biaya atas kepemilikan kartu NPWP. Sebelumnya Anda perlu membaca dulu ulasan saya terkait biaya pembuatan npwp di sini Biaya Membuat Kartu NPWP

Bahkan untuk Cetak Ulang NPWP Hilang juga tidak dipungut biaya sepeser pun. Intinya, apa yang Anda bayar ke kantor pajak adalah pajak atas penghasilan Anda, bukan biayas atas kartu NPWP Anda.

Kewajiban Setelah Memiliki NPWP

Seperti yang sudah sempat saya singgung di atas, ada kewajiban yang harus Anda penuhi setelah memiliki NPWP. Kewajiban itu adalah
  • Menghitung Pajak Anda
  • Membayar Pajak Anda
  • Melaporkan Pajak Anda
Kewajiban ini bersifat bulanan dan tahunan. Jika Anda baru pertama kali memiliki NPWP, sebaiknya segera melakukan konseling ke bagian konseling di kantor pajak. Karena ada sanksi jika Anda tidak melakukan seluruh kewajiban perpajakan ini. Dan perlu Anda tahu, jika dalam kurun waktu tertentu Anda mengabaikan sebagian atau seluruh kewajiban perpajakan ini, selain mendapat sanksi, NPWP Anda pun dapat dihapus secara sepihak oleh kantor pajak.

11 comments

indra dwi cahyono delete 15 Agustus 2016 21.33

lihat nomer npwp

indra dwi cahyono delete 15 Agustus 2016 21.39

berapa no npwp saya

Sejak nomor npwap saya keluar tahun 2009 yang diurus perusahaan tempat saya bekerja saya tidak pernah memegang kartu npwp saya. sekarang saya sudah keluar dari perusahaan tersebut dan bertempat tinggal di provinsi lain. bagaimana caranya saya mengurus kartu npwp saya ?

Mohon informasi NPWP saya, makasih

Saya daftar NPWP secara online, untuk mengecek validasi ataw sudah terdaftar/belum nya gimana ya,? Mohon di bantu bapak/ibu
Salam hormat saya,
Trimaksih

Saya kehilangan karu NPWP saya...dan saya pun tidak ingat nomornya...boleh d bantu untuk tahu NPWP saya..
ini NIK saya...3207064708860001..terima kasih

untuk info ini harus ke kantor pajak langsung bu resti

ada pemberitahuan via email maksimal 14 hari setelah daftar npwp online

untuk info pendaftaran bisa datang langsung ke kantro pak

bisa dicek di kantor pajak, tinggal bawa KTP asli saja

untuk info pendaftaran bisa datang langsung ke kantor pajak pak indra

PERINGATAN!!!
Jangan menuliskan nomor NPWP Anda pada kolom komentar. Gunakan bahasa yang sopan untuk bertanya terkait dengan kartu NPWP Anda. Terima Kasih
EmoticonEmoticon