-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Menyebabkan Laporan Realisasi PPh 21 DTP Gagal

Apa yang Menyebabkan Laporan Realisasi PPh 21 DTP Gagal
Pada pandemi kali ini pemerintah memberikan suatu insentif kepada para pengusaha. Hal ini dilakukan tentu dengan sebab yaitu pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai bahkan semakin tinggi penderitanya membuat nilai tukar dolar menjadi melambung naik.

Akhirnya membuat banyak perusahaan terpontang-panting. Namun, untuk mendapatkan insentif ini Anda harus melakukan pelaporan realisasinya, namun banyak juga yang mengalami laporan realisasi PPh 21 DTP gagal.

Kegagalan ini tidak hanya Anda rasakan akan tetapi banyak yang merasakan sehingga Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa penyebab kegagalan dalam laporan realisasi insentif pajak PPh pasal 21 DTP sehingga untuk pembenarannya Anda bisa langsung disesuaikan dengan permasalahan yang Anda hadapi pada waktu itu dan bisa lebih tepat sasaran. Berikut beberapa masalah kegagalan yang biasa terjadi:

Server atau Internet Anda sedang Error

Yang sering kali membuat laporan realisasi PPh 21 DTP gagal adalah server laman pengunggahan dokumen yang sedang error atau jaringan internet Anda yang mengalami masalah. Server pusat bisa mengalami kendala jika ada banyak yang sedang mengakses oleh karena itu jangan terlalu mepet dalam melakukan pelaporan untuk menghindari jaringan yang turun saat banyak orang yang mengakses. Lakukan pelaporan jauh-jauh hari agar lebih aman.

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa internet Anda pada saat pelaporan stabil. Apabila internet tidak stabil atau naik turun akan menyebabkan file tidak ter-unggah dan akhirnya gagal. Anda bisa mencari tempat dengan jaringan internet yang lancar.

Format Laporan Excel Mengalami Kerusakan 

Selain karena server dan jaringan yang mengalami kendala, format laporan Excel Anda mungkin ada kerusakan. Kerusakan ini sering kali membuat kegagalan dalam mengunggah dokumen. Anda bisa membenahinya dengan klik kanan pada file laporan Anda, lalu klik Open and Repair dan klik Repair.

File Excel yang corrupt akan menghambat proses unggah dan tidak diterima oleh sistem sehingga Anda harus memastikan bahwa file tersebut baik-baik saja.

Adanya Kesalahan dalam Format Penamaan File

Kegagalan mengunggah juga sering kali terjadi karena format namanya yang salah. Penamaan ini tidak boleh sembarangan dan harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Apa saja aturannya? Berikut penjelasannya:
  1. Pastikan Format penamaan file Anda adalah AAAAAAAAAAAAAAA_BBCC_DDDD_EE_FF.xlsx
  2. A berjumlah 15 digit yaitu nomor NPWP;
  3. B berjumlah dua digit yaitu Maja Pajak Awal;
  4. C berjumlah dua digit merupakan masa pajak akhir;
  5. D berjumlah 4 digit yaitu tahun pajak;
  6. E dua digit yaitu kode pelaporan realisasi;
  7. dam F dua digit yaitu pembetulan ke berapa.

Penutup 

Setelah mengetahui penyebab dan juga cara mengatasi laporan realisasi PPh 21 DTP gagal, semoga selanjutnya berhasil.