-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Tepat Pelapor Realisasi PPh Final DPT

gagal lapor realisasi pph final dtp
Saat ini pihak kementrian keuangan telah mengeluarkan berbagai macam kebijakan baru termasuk diantaranya mengeluarkan sejumlah insentif pajak. Ada di antaranya insentif pajak untuk umkm atau bahkan insentif pajak yang diberikan bagi pihak pemerintah, seperti halnya pajak PPh final yang ditanggung oleh pemerintah atau DTP yang tertera pada pasal 21.

Pada sistem pelaporan dari pajak tersebut terdapat beberapa tahapan langkah yang harus Anda lakukan dan ikuti. Utamanya untuk menghindari gagal lapor realisasi pph final dtp yang tengah dilakukan. Lantas langkah apa saja yang harus Anda lakukan? Berikut penjelasannya.

Langkah-langkah pelaporan intensif pajak

  1. Pertama pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah memiliki akun pada laman pelaporan pajak online resmi yang akan Anda gunakan. 
  2. Apabila hal tersebut telah Anda lakukan, maka Anda dapat masuk ke laman profil untuk melakukan penambahan atau aktivasi dari fitur layanan laporan. Selain itu pastikan pula bahwa profil WP atau Wajib Pajak yang Anda miliki telah sesuai dengan data yang Anda miliki. Apabila profil WP tersebut belum sesuai, maka Anda dapat menghubungi pihak KPP terkait yang akan membantu Anda dalam memberikan layanan tersebut.
  3. Setelah itu klik bagian aktivasi dari fitur layanan kemudian centang bagian e-reporting incentive covid-19. 
  4. Setelah bagian tersebut Anda klik dan pilih di bagian paling bawah. Setelah itu klik tambah kemudian pilih jenis pelaporan yang akan dilakukan apakah realisasi PPh final DTP atau justru PPh 21 DTP. Jika telah memilihnya, maka Anda tinggal mengklik bagian yang dipilih dan melanjutkan menuju bagian lainnya. 
  5. Sebelum melanjutkan ke bagian lainnya, pastikan pula Anda telah membaca petunjuk yang ada serta memastikan mengenai keberkahan Anda sebagai penerima fasilitas tersebut. Jika memang sesuai, maka Anda bisa mengajukan pelaporan dan tentunya akan mendapatkan intensif tersebut serta terhindar dari kegagalan. 

Kegagalan dalam pelaporan intensif pajak

  1. Apabila beberapa bagian di atas tadi telah sesuai, maka Anda dapat melanjutkan menuju bagian lainnya dengan mengisi kode keamanan dan mengklik bagian lanjutkan. Namun jika ada hal yang tidak sesuai dengan apa yang telah disyaratkan maka Anda pun akan mengalami gagal lapor realisasi pph final dtp. Hal ini ditandai dengan munculnya tanda silang serta keterangan yang menyebutkan bahwa Anda tidak diperkenankan untuk mendapatkan intensif tersebut. Hal ini berkaitan dengan keberadaan Anda yang tidak sesuai dengan WP yang berhak untuk menerima fasilitas tersebut. 
  2. Namun jika Anda berhasil masuk pada tahap selanjutnya, maka Anda pun harus melakukan pengisian dari beberapa data yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, Anda juga diwajibkan untuk melakukan upload dari beberapa file yang hendak dilaporkan. 
  3. Apabila beberapa file telah berhasil Anda upload, maka hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah submit data dan proses pelaporan untuk mendapatkan intensif pun dapat berjalan dengan lancar serta Anda tinggal menunggu hasilnya. 
Demikianlah kiranya beberapa tahapan langkah yang dapat Anda ikuti dalam proses pelaporan insentif pajak agar terhindar dari gagal lapor realisasi pph final dtp.