-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Laporan Realisasi PPH 21 DTP yang Baik

Tips Membuat Laporan Realisasi PPH 21 DTP yang Baik
Banyak orang mencari contoh laporan realisasi PPH 21 DTP untuk mengajukan inisiatif pajak. Dokumen ini memang penting, tapi hanya mencontoh saja tidak akan memastikan pemberian insentif. Dari data yang tersedia, kemungkinan penerimaan insentif hanya 60% saja. Hanya UMKM-lah yang mendapatkan kepastian 100% untuk pengajuan ini.

Jika Anda perlu tips – tips jitu agar pengurusan mudah dan mendapatkan potongan pajak, mari bahas tentang hal tersebut dalam artikel ini!

Pastikan Usaha Anda Memiliki Kode KLU yang Ditetapkan

Seperti yang Anda tahu, tidak semua pihak mampu mendapatkan keringanan pajak. Anda harus cek KLU yang memenuhi syarat PPH 21 DTP. Untuk mengecek KLU ini, Anda bisa mereferensi SPT tahun 2018. Jika selama beberapa tahun terakhir usaha Anda berubah, urus segera agar KLU yang diaplikasikan lebih tepat. Proses pengubahan ini biasanya cepat selesai asalkan dokumen sudah disiapkan.

Pastikan Usaha Anda Tidak Memiliki Masalah Pajak

Walaupun tujuan PPH 21 DTP adalah untuk membantu menggerakan ekonomi lebih baik, usaha ini tidak lepas dari pemantauan pemerintah. Jika Anda memiliki masalah pajak, program keringanan pajak ini tidak akan menghapuskan hal itu. Anda harus memastikan menyelesaikan masalah pajak Anda sebelum dapat menikmati hal ini.

Banyak orang yang sudah buru – buru mengajukan hal ini. Tapi ternyata mereka memiliki masalah pajak dan harus menyelesaikannya. Daripada kecewa tidak dapat, lebih baik pastikan dulu Anda tidak memiliki masalah soal ini.

Gunakan Referensi yang Tersedia di Internet

Format untuk hal ini sebetulnya sudah dijelaskan dalam FAQ oleh departemen pajak. Tapi jika merasa tidak jelas silahkan mencari contoh laporan realisasi PPH 21 DTP. Banyak sumber sudah menyediakan hal ini. Tutorial video di YouTube juga sudah banyak membahasnya.

Untuk lebih lancar mendapatkan insentif pajak PPH Pasal 21 DTP ada beberapa sumber yang berguna. Mulai dari referensi contoh laporan pengajuan, bagaimana cara melakukan upload dan tutorial melakukan laporan online.

Isi Dokumen Sesuai Ketentuan yang Ada

Sebetulnya saat mengajukan insentif pajak, halaman tempat mengisi laporan sudah mengajukan banyak syarat. Pastikan ikuti hal tersebut dan jangan sampai kekurangan kelengkapan dokumen. Semakin ketentuan lengkap, tidak perlu lagi Anda mengurusi untuk revisi.

Buat Laporan yang Jelas dan Bisa Dipertanggung Jawabkan

Untuk laporan pajak, jangan pernah untuk mengelabui pemerintah. Banyak orang berusaha memanipulasi agar pembayaran pajak mereka bisa ringan. Hal ini tentu hanya membuat pihak pemerintah makin curiga. Sesuaikan laporan apa adanya dan bisa dipertanggung jawabkan.

Selama Anda mengikuti tips di atas, pengajuan insentif pajak biasanya cepat disetujui. Untuk contoh laporan realisasi PPH 21 DTP, Anda bisa belajar dari sumber – sumber yang ada di internet. Website pajak juga memberikan arahan untuk membantu Anda. Selamat mencoba sendiri dan terima kasih telah membaca artikel ini!