Fitur-fitur & Tampilan Baru PPh 21


DJP Online di awal 2017 ini meluncurkan fitur-fitur baru PPh 21 dan memperbarui tampilan menu "Karyawan" dan "PPh 21". Berikut ini adalah pembaruan-pembaruan tersebut:

Fitur Baru

Ringkasan Jumlah Gaji dan PPh 21 Seluruh Karyawan

Kini Anda dapat lebih mudah memantau dan menganalisa keuangan Anda untuk mengatur kelancaran arus kas perusahaan. Kami menampilkan ringkasan jumlah gaji bruto (kotor) dan PPh 21 keseluruhan karyawan pada halaman utama menu "Karyawan".

Tampilan total gaji kotor & PPh 21 di menu "Karyawan"
Tampilan total jumlah bulanan gaji kotor & PPh 21 seluruh karyawan di menu "Karyawan"

Cara menemukannya adalah:

  • Klik menu "Karyawan"
  • Pilih masa pajak, jenis kontrak karyawan dan nomor pembetulan (revisi)
  • Klik "Enter"

Pemindahan Data Karyawan Tahun 2016 ke Masa Pajak 2017 Secara Otomatis 

Untuk mempermudah pengisian data gaji dan PPh 21 karyawan di tahun pajak 2017, kami akan memindahkan data gaji dan PPh 21 karyawan-karyawan Anda di tahun 2016 secara otomatis hanya dengan 1 klik. 

Fitur baru pemindahan data karyawan 2016 ke masa pajak 2017 secara otomatis
Fitur baru pemindahan data karyawan 2016 ke masa pajak 2017 secara otomatis

Impor Data Menggunakan Template DJP Online

Berniat mulai menggunakan aplikasi DJP Online pada awal tahun pajak 2017? Kami akan mempermudah pemindahan data Anda secara lengkap dari aplikasi lama ke DJP Online dengan fitur impor data yang menggunakan template dari DJP Online.

impor pph 21 dengan onlinepajak template
Fitur baru impor data karyawan dengan detail yang lebih lengkap menggunakan template DJP Online

Template dari DJP Online akan memungkinkan Anda memindahkan detail data gaji, tunjangan, data pribadi karyawan, dan lain-lain ke aplikasi DJP Online dengan secara otomatis dan cepat. Sehingga dapat merasakan kemudahan hitung PPh 21 otomatis, buat ID Billing, setor PPh 21, payroll (penggajian), buat slip gaji dan e-Filing di satu aplikasi terpadu.

Perlu training untuk menggunakan fitur ini? Silakan hubungi tim Customer Success kami dengan mengklik tautan berikut.

Kompensasi

Fitur kompensasi PPh Pasal 21
Fitur kompensasi PPh Pasal 21

Sudahkah Anda melakukan kompensasi atas kelebihan bayar PPh 21 akibat perubahan nilai tarif PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak)? Bagi Anda yang terlewat, Anda bisa melakukan kompensasi dengan mudah di DJP Online. Pelajari lebih lanjut

Tampilan Baru

Setor Dulu, Baru e-Filing

DJP Online mengubah tampilan dan langkah pembayaran dan pelaporan pada menu "Bayar" dan "e-Filing" PPh 21. Sebelumnya, bila di menu "PPh 21" kedua tombol "Bayar" dan "e-Filing" aktif. Kini, tombol "e-Filing" tidak akan aktif sebelum Anda melakukan pembayaran atau mengisikan Nomor Tanda Penerimaan Negara (NTPN) dengan mengklik "Bayar". 

setor lapor pph 21
Fitur pembayaran & pelaporan PPh Pasal 21

Daftar Karyawan Baru (Beta)

DJP Online juga mengubah tampilan daftar karyawan. Di tampilan baru ini, Anda dapat lebih mudah melihat total jumlah gaji kotor dan PPh 21 per bulannya.

daftar karyawan baru
Tampilan baru daftar data karyawan

Tabel Detail Gaji Karyawan

Untuk memudahkan Anda dalam mengisi data gaji karyawan, kami mengurangi sejumlah kolom pada tabel data karyawan. Sehingga kolom yang tersedia adalah gaji, transportasi, lembur, tunjangan lainnya, honorarium, natura dan bonus/THR.

Selain itu, kami juga mengubah cara memasukkan data gaji di tabel detail gaji karyawan ini. Jika sebelumnya bila Anda menggunakan fitur ini di bulan Desember 2016, Anda bisa mengisi dan mengedit data di bulan-bulan sebelumnya. Maka sekarang, Anda hanya bisa mengisi data di bulan yang sama. Untuk mengaktifkan masa-masa pajak sebelumnya, Anda harus memilih bulan terlebih dahulu pada kolom masa pajak di menu "Karyawan". 

tabel kolom karyawan
Tabel detail data gaji karyawan

Dari Mana Anda Hendak Memulai?

Bagi Anda yang baru pertama kali mendaftar di DJP Online, Anda dapat mempelajari fitur-fitur "Manajemen Karyawan" dengan mudah pada menu "PPh 21" ini. Informasi ini dapat Anda temukan saat mengklik menu "Karyawan" untuk pertama kali.

dari mana hendak memulai
Tampilan baru layanan fitur PPh 21 lainnya

Segera manfaatkan kemudahan dan keefisienan fitur PPh 21 dengan memindahkan detail data karyawan atau mulai mengisi data gaji karyawan-karyawan Anda untuk mencoba hitung otomatis, buat ID billing, setor dan e-filing PPh 21 di dalam satu aplikasi terpadu. 

 

PERINGATAN!!!
Jangan menuliskan nomor NPWP Anda pada kolom komentar. Gunakan bahasa yang sopan untuk bertanya terkait dengan kartu NPWP Anda. Terima Kasih
EmoticonEmoticon