Ebilling Pajak Cara Mudah Buat ID Billing di OnlinePajak

Ebilling pajak efektif digunakan sejak 1 Juli 2016, sesuai dengan Surat Keputusan DJP nomor KEP-72/PJ/2016. Pemberlakuan ebilling pajak ini berarti akan semakin memudahkan wajib pajak untuk membayar pajak secara online, tanpa perlu datang dan antre lagi di bank.

Salah satu kanal resmi untuk mendapatkan ebilling pajak adalah aplikasi e-Billing DJP Online.

Temukan langkah membuat ID Billing di bawah ini yang lebih efisien dibandingkan sistem ebilling pajak lainnya, karena terhubung dengan sistem bayar pajak online dan e-filing (lapor pajak online) di dalam 1 aplikasi. Sehingga wajib pajak dapat merasakan kemudahan dan hemat waktu dalam memenuhi kepatuhan pajaknya dari mana saja dan kapan saja.

Mengapa Buat Ebilling Pajak Lebih Baik di DJP Online?

Ada banyak kemudahan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membuat kode billing di aplikasi e-Billing DJP Online. Inilah di antaranya:

  • Hemat waktu

    Di DJP Online, Anda dapat membuat satu atau banyak kode billing pajak sekaligus dengan 1 klik saja. Lebih cepat dan efisien bagi wajib pajak badan yang perlu mendapatkan ebilling pajak dengan macam-macam KAP (Kode Akun Pajak) dan KJS (Kode Jenis Setoran), serta untuk NPWP perusahaan lainnya secara bersamaan sekaligus.

  • Terintegrasi

    Aplikasi e-billing DJP Online terintegrasi dengan PajakPay (Cash Management), sistem pembayaran pajak online dari DJP Online, aplikasi hitung otomatis PPh dan PPN, e-Faktur dan e-Filing. Sehingga Anda tidak perlu unduh dan menggunakan berbagai software/aplikasi dan sangat mudah digunakan. Cukup pilih KAP/KJS yang perlu Anda bayarkan atau unggah file excel sesuai template DJP Online dan dapatkan kode-kode billing Anda dengan seketika.

  • Akurat

    Tak perlu repot mengingat KAP atau KJS yang harus Anda bayarkan. Jika Anda menggunakan fitur hitung otomatis PPh & PPN di DJP Online, sistem kami memudahkan Anda mengisikan KAP & KJS, serta jumlah pajak secara akurat dan otomatis berdasarkan rekaman transaksi Anda. Sehingga kesalahan pengisian KAP & KJS dapat terhindarkan.

  • Bukti Bayar Sah dari Negara

    Bukti bayar yang Anda dapatkan dari DJP Online, yaitu BPN (Bukti Penerimaan Negara) dan NTPN (Nomor Tanda Penerimaan Negara) sah dari Negara.

ebilling pajak : cara mudah buat id billing di aplikasi e-billing DJP Online

e-Billing Pajak : Cara Mendapatkan ID Billing di Aplikasi DJP Online

Sekarang mari kita mulai membuat kode billing dengan mudah di aplikasi DJP Online dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk Aplikasi e-Billing DJP Online

    Daftarkan perusahaan Anda, kemudian masuk aplikasi e-Billing DJP Online.

    aplikasi e-billing DJP Online

  2. Buat ID Billing

    Ada beberapa metode membuat ID Billing di DJP Online. Pilih apakah Anda ingin membuatnya dengan menggunakan fitur hitung otomatis PPh Pasal 21, PPh Pasal 23, PPN atau PPh Final 1% di DJP Online, atau hanya menggunakan fitur e-Billing DJP Online untuk buat ebilling pajak satu per satu atau banyak sekaligus, atau membuat ebilling pajak untuk NPWP lainnya, khusus untuk KAP 411211 (PPN Dalam Negeri) dan KJS 102 (Setoran PPN JKP dari Luar Daerah Pabean).

    • Menggunakan Fitur Hitung Pajak Otomatis DJP Online

      Kelebihan menggunakan fitur hitung otomatis DJP Online adalah aplikasi kami akan mengisikan secara otomatis KAP dan KJS Anda, serta jumlah pajak yang harus Anda bayarkan berdasarkan rekaman transaksi Anda. Sehingga ebilling pajak dapat diperoleh secara akurat dan menghindari kesalahan pengisian.

      Caranya, setelah hitung otomatis pajak Anda di aplikasi DJP Online, klik "Setor Pajak" pada menu "PPh 21", "PPh 23", "PPN" atau "Daftar Penjualan PPh Final 1%".

      cara mudah buat e-billing pajak di aplikasi ebilling DJP Online

      Setelah itu, klik "Buat ID Billing"

      . cara mudah buat ebilling pajak di aplikasi ebilling DJP Online

    • Buat Satu e-Billing Pajak Tanpa Menggunakan Fitur Hitung Pajak Otomatis DJP Online

      Jika Anda tidak menggunakan fitur hitung pajak otomatis DJP Online, maka Anda untuk ID billing harus klik tombol "+" di menu "e-Billing Pajak".

      cara mudah buat ebilling pajak di aplikasi ebilling DJP Online

      Kemudian pilih KAP & KJS yang e-billing pajaknya hendak Anda buat, serta mengisikan jumlah pajak yang harus Anda bayarkan. Lalu, klik "Buat ID Billing".

      . cara mudah buat ebilling pajak di aplikasi ebilling DJP Online untuk bayar pajak online

    • Buat Banyak e-Billing Pajak Sekaligus

      Buat banyak ID Billing sekaligus untuk berbagai macam KAP dan KJS di DJP Online sangat mudah. Caranya, klik tombol "".

      cara mudah buat ebilling pajak di aplikasi ebilling DJP Online

      Unduh template excel. Lalu lengkapi berkas tersebut dengan data pembayaran pajak yang Anda hendak buat e-billing pajaknya sesuai dengan format pada template. Kemudian simpan di lokal komputer.

      cara mudah buat id billing banyak sekaligus di aplikasi ebilling DJP Online

      Lalu unggah file yang sudah diperbarui datanya tersebut dan data setoran Anda akan masuk ke daftar e-Billing Pajak secara otomatis.

      cara mudah buat e-billing pajak di aplikasi ebilling DJP Online

    • Buat Kode Billing untuk NPWP Lainnya

      Jika Anda harus membuat kode billing untuk NPWP lainnya dan khusus untuk KAP 411211 (PPN Dalam Negeri) dan KAP 4111228 (PPh Final) dengan KJS tertentu, maka Anda dapat dengan mudah memperolehnya dengan mengunduh template yang tersedia dan mengisikan NPWP lainnya tersebut pada kolom yang tersedia, serta kemudian mengunggahnya.

      cara buat ebilling pajak untuk NPWP lainnya di aplikasi e-billing DJP Online

      Atau input data KAP & KJS yang dibutuhkan, kemudian pilih subjek pajak "NPWP Lain" dan lengkapi data-data lainnya. Setelah itu, klik "Buat ID Billing".

      cara mudah buat ID billing untuk NPWP lainnya di aplikasi ebilling DJP Online

  3. Dapatkan Kode-kode Billing Anda

    Dapatkan kode-kode billing Anda secara bersamaan dengan seketika di aplikasi dan juga akan dikirimkan ke email Anda.

    kode - kode billing yang dihasilkan oleh aplikasi e-Billing DJP Online

  4. Setorkan Melalui PajakPay/Cash Management DJP Online

    Selanjutnya, setorkan ke bank atau bayar pajak online melalui PajakPay/Cash Management DJP Online dengan klik tombol "$" dan menambah saldo di akun virtual DJP Online Anda.

    bayar pajak online 1 klik dengan onlinepajak

    Setelah transfer dana dari rekening bank Anda ke rekening DJP Online Anda, konfirmasi pembayaran pajak online Anda.

    bayar pajak online 1 klik dengan onlinepajak

  5. Dapatkan Bukti Bayar Anda

    Dapatkan bukti bayar Anda berupa BPN (Bukti Penerimaan Negara) dan NTPN (Nomor Tanda Penerimaan Negara) Anda yang sah dari Negara. Seperti ini contohnya:

    BPN ( Bukti Penerimaan Negara) / NTPN (Nomor Tanda Penerimaan Negara ) bayar pajak online melalui DJP Online

Kesimpulan

Di aplikasi e-billing DJP Online, Anda dapat membuat satu atau banyak kode billing pajak dan untuk NPWP lainnya dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya adalah:

  • Daftar atau masuk aplikasi e-billing DJP Online.
  • Klik tombol "+" atau unggah data pembayaran Anda untuk berbagai KAP & KJS sesuai template DJP Online. Lalu klik tombol "Buat ID Billing".
  • Dapatkan kode-kode billing Anda secara bersamaan dengan seketika.

PERINGATAN!!!
Jangan menuliskan nomor NPWP Anda pada kolom komentar. Gunakan bahasa yang sopan untuk bertanya terkait dengan kartu NPWP Anda. Terima Kasih
EmoticonEmoticon