Contoh Slip Gaji Karyawan Terbaik

Pengusaha wajib membuat slip gaji untuk karyawan-karyawannya. Berikut ini adalah uraian mengenai peraturan pemerintah tentang slip gaji, contoh slip gaji karyawan swasta dan cara membuat slip gaji untuk ribuan karyawan Anda hanya dengan 1 klik.

PENGERTIAN SLIP GAJI 

Slip gaji adalah bukti dan informasi resmi penerimaan gaji dari pemberi kerja kepada pegawai.

Tujuan pemberian SLIP GAJI 

Tujuan pemberian slip gaji dari pengusaha kepada karyawan adalah untuk memberikan bukti secara tertulis jika suatu saat nanti timbul persepsi yang berbeda mengenai hak-hak yang belum atau sudah dibayarkan. Bukti tertulis ini dianggap bukti yang kuat untuk menjelaskan hak karyawan atas upah itu telah dibayarkan oleh pengusaha. 

peraturan pemerintah tentang slip gaji karyawan
Peraturan Pemerintah tentang pemberian slip gaji karyawan oleh pengusaha

PERATURAN PEMERINTAH TENTANG SLIP GAJI 

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 tahun 2015 Pasal 17 ayat (2) mengenai Pengupahan dinyatakan bahwa pengusaha wajib memberikan slip gaji (bukti pembayaran upah) yang memuat rincian upah yang diterima oleh karyawan / buruh pada saat upah dibayarkan. Contoh slip gaji karyawan terbaik yang sesuai dengan peraturan pemerintah tersebut terdapat di aplikasi DJP Online.

KEGUNAAN SLIP GAJI 

Slip gaji memiliki beberapa kegunaan, di antaranya adalah:

  • Bukti resmi untuk pegawai atas hak-hak yang diterimanya dari pemberi kerja selama jangka waktu tertentu.
  • Dokumen yang dilampirkan saat mengajukan kredit di bank atau lembaga pembiayaan tertentu.

APLIKASI SLIP GAJI 

Di Indonesia, setiap penghasilan yang diterima warga negara dikenakan potongan pajak, yakni PPh Pasal 21. PPh Pasal 21 inilah yang harus dibayarkan ke kas negara dengan menggunakan sistem e-billing serta dilaporkan ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) setiap bulannya.

Hanya ada satu aplikasi slip gaji yang dapat mengakomodasi semua kebutuhan staf akuntan, payroll (penggajian) dan SDM dalam satu aplikasi terpadu yaitu DJP Online. Mulai dari perhitungan PPh Pasal 21, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan yang akurat dan otomatis, bayar gaji ( payroll ) dalam 1 klik (1 click pay), buat ID Billing, setor pajak online dan lapor pajak online (efiling pajak) bisa dilakukan dalam satu aplikasi terpadu, serta selalu disesuaikan dengan peraturan terbaru. Tak perlu lagi hitung dan buat slip gaji secara manual, antre di bank dan di KPP. Contoh slip gaji karyawan swasta dari aplikasi DJP Online, bisa Anda lihat di bawah halaman ini.

cara membuat slip gaji karyawan dengan 1 klik di onlinepajak
Cara membuat slip gaji karyawan dengan 1 klik saja di aplikasi DJP Online

CARA MEMBUAT SLIP GAJI DENGAN 1 KLIK SAJA!

Di aplikasi DJP Online, ada cara membuat slip gaji hingga ribuan dan mengirimkannya ke email karyawan-karyawan Anda secara otomatis dalam 1 klik. Tak perlu memusingkan format atau memasukkan datanya satu per satu serta sudah terintegrasi dengan sistemperhitungan PPh Pasal 21, sistem e-billing, bayar pajak dan payroll sistem penggajian karyawan 1 klik ) serta lapor pajak online (e-filing).

Caranya sangat mudah dan cepat. Ikuti saja petunjuknya di bawah ini:

  1. Isi data gaji karyawan dan potongannya di menu Karyawan. Data gaji bersih dan perhitungan PPh 21 Anda akan terhitung otomatis dan akurat.
  2. Pilih data karyawan yang hendak dibuat slip gajinya dan klik icon Slip Gaji.
  3. Slip gaji terbuat otomatis. Jika ada banyak slip gaji yang Anda buat, maka akan ditampilkan dalam bentuk satuan dan berkas yang terkompresi (file zip).

CONTOH SLIP GAJI KARYAWAN SWASTA 

Di bawah ini adalah contoh slip gaji karyawan swasta dengan format slip gaji tersebut yang didapatkan dari aplikasi DJP Online.

contoh slip gaji karyawan swasta di onlinepajak
Contoh slip gaji karyawan yang dibuat di aplikasi slip gaji DJP Online

Untuk membuat slip gaji seperti contoh slip gaji karyawan swasta di atas, Anda bisa registrasi gratis segera di DJP Online dan mendapatkan banyak keuntungan, karena DJP Online adalah aplikasi pajak dan administrasi perusahaan yang terintegrasi.

kelebihan buat slip gaji dengan onlinepajak
8 manfaat membuat slip gaji karyawan di aplikasi DJP Online

Anda akan mendapatkan contoh - contoh slip gaji untuk macam-macam profesi di aplikasi DJP Online. Cukup masukkan data jumlah gaji dan tunjangan yang diterima karyawan Anda pada menu "Karyawan". Kami akan menghitungnya jumlah gaji bersih dan potongan PPh 21 Anda secara otomatis dan kurang dari 1 menit. Setelah itu, Anda dapat download contoh slip gaji  di aplikasi DJP Online secara gratis. 

 

Kesimpulan

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang slip gaji dan cara membuat slip gaji dalam 1 klik:

  • Menurut peraturan pemerintah, pengusaha wajib memberikan slip gaji untuk karyawan di waktu yang diperjanjikan. 
  • Cara membuat slip gaji untuk ribuan karyawan yang paling mudah dan cepat adalah dengan menggunakan aplikasi slip gaji. DJP Online menyediakan satu solusi aplikasi terpadu untuk semua masalah perhitungan, penyetoran dan pelaporan pajak online, slip gaji dan payroll (penggajian karyawan).
  • Cara membuat slip gaji di DJP Online sangat mudah. Cukup 1 klik, ribuan slip gaji bisa terbuat dan dikirimkan ke email karyawan masing-masing.  
  • Coba lihat dan buat contoh slip gaji karyawan swasta dengan mendaftar secara gratis di DJP Online terlebih dahulu.

 

PERINGATAN!!!
Jangan menuliskan nomor NPWP Anda pada kolom komentar. Gunakan bahasa yang sopan untuk bertanya terkait dengan kartu NPWP Anda. Terima Kasih
EmoticonEmoticon