Cara Membuat NPWP yang Mudah Untuk Pemula

Membuat NPWP bukan lah hal yang sulit. Apalagi jika untuk Membuat NPWP Pribadi, syarat dan prosedurnya tidak sebanyak untuk Membuat NPWP Badan. Dalam Membuat NPWP yang terpenting adalah kelengkapan syarat Administratif Membuat NPWP. Untuk itu mari ikuti penjelasan Membuat NPWP secara ringkas berikut.


Prosedur Membuat NPWP

Untuk Membuat NPWP, perlu diketahui prosedur yang harus dilakukan. Pertama adalah melengkapi persyaratannya. Silahkan Anda lengkapi semua persyaratan pembuatan NPWP yang dapat Anda baca di sini
  1. Syarat Membuat NPWP Pribadi
  2. Syarat Membuat NPWP Badan
Jika seluruh Syarat Membuat NPWP sudah lengkap, Anda cukup datang ke kantor pajak terdekat yang sesuai dengan KTP Anda. Aturan perpajakan memperbolehkan untuk Membuat NPWP di kantor pajak dimana saja, namun ada beberapa kantor pajak yang memiliki kebijakan yang tidak memperbolehkan Membuat NPWP di kantor pajak yang tidak sesuai KTP.

Proses Membuat NPWP

Setelah Anda datang ke kantor pajak yang sesuai, selanjutnya Anda cukup menyerahkan berkas Anda ke petugas pajak. Dokumen persyaratan NPWP Anda akan dicek terlebih dahulu. Jika sudah sesuai, maka akan diproses saat itu juga. Jika permohonan Anda diterima, Anda akan mendapatkan kartu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Secara aturan perpajakan, NPWP dan SKT akan dikirim via pos keesokan harinya ke alamat yang Anda tulis saat membuat NPWP. Namun dalam hal alamat Anda sangat terpencil, maka NPWP bisa langsung diberikan.

PERINGATAN!!!
Jangan menuliskan nomor NPWP Anda pada kolom komentar. Gunakan bahasa yang sopan untuk bertanya terkait dengan kartu NPWP Anda. Terima Kasih
EmoticonEmoticon